TNI dan Tentara Malaysia Akrab Banget di Sini, Bisa Sama-sama Sedih

TNI dan Tentara Malaysia Akrab Banget di Sini, Bisa Sama-sama Sedih
TERKENAL AKUR: Poskotis Gabma Entikong di perbatasan. Para prajurit dikedua negara kerap melakukan aktivitas bersama.

jpnn.com - Prajurit TNI di pos gabungan Entikong, Kalimantan Barat ternyata sangat akrab dengan para tentara Malaysia. Keakraban itu dibangun dengan patroli, apel, hingga main voli bersama. Selama bertahun-tahun dan berganti-ganti personel, tak pernah ada masalah.

----
KEHARUAN mewarnai pagi yang cerah di Entikong. Puluhan prajurit tampak saling berpelukan. Beberapa tepukan tangan juga mendarat di punggung masing-masing. Mereka tampak berusaha saling menguatkan.

Maklum, kawan yang telah hidup bersama tiga bulan terakhir harus pergi. Berganti tempat. Tapi, masih dengan tujuan yang sama: mengabdi untuk bangsanya.

Pada awal bulan lalu menjadi hari terakhir bagi sepuluh personel Tentera Diraja Malaysia (TDM) berdinas di Poskotis Gabma Entikong, Kalimantan Barat. 

Posisinya di pos gabungan yang terletak 2 kilometer dari garis perbatasan itu digantikan sepuluh rekannya sesama TDM.

”Sedih, karena kami sudah akrab sekali. Sudah seperti saudara,” kata Sersan Satu (Sertu) Marwan, prajurit TNI yang bertugas di Entikong.

Meski terletak di wilayah Indonesia, beberapa tentara asal negeri jiran memang ditempatkan di Poskotis Gabma Entikong. Itu merujuk kesepakatan yang diteken kedua negara bertetangga tersebut dasawarsa lalu.

(BACA JUGA: Menilik Posko yang Membuat TNI dan Tentara Malayia Seperti Saudara)

Prajurit TNI di pos gabungan Entikong, Kalimantan Barat ternyata sangat akrab dengan para tentara Malaysia. Keakraban itu dibangun dengan patroli,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News