Kamis, 23 Mei 2019 – 17:50 WIB

SEREM! Di Istana Merdeka Banyak Hantu, Mulai Noni Belanda Hingga Perempuan Keluar Sumur

Selasa, 03 November 2015 – 12:02 WIB
SEREM! Di Istana Merdeka Banyak Hantu, Mulai Noni Belanda Hingga Perempuan Keluar Sumur - JPNN.COM

Istana Merdeka. Foto: Natalia Laurens/JPNN

BANGUNAN tua peninggalan Belanda kerap kali menyimpan cerita mistis dari mulut ke mulut. Begitu pula dengan Istana Merdeka. Sudah berdiri sejak 142 tahun lalu, bangunan megah yang dulu bernama Istana Koningsplein itu juga ramai dengan cerita-cerita hantunya.

Seorang pekerja yang sudah hampir 17 tahun berada di Istana pun mengisahkan hal tersebut. Pekerja yang tak ingin disebutkan namanya itu mengatakan, sejak dulu di pelataran depan Istana Merdeka setiap tengah malam ada yang bisa melihat seorang noni-noni Belanda mondar-mandir.

"Pakai gaun zaman Belanda gitu. Teman saya yang pernah lihat, sampai takut, enggak berani lewat tengah malam," kata pekerja itu.

Bukan hanya itu, kata dia, suara anak-anak yang berlarian di lorong depan istana tersebut juga terdengar jelas malam hari. Entah apa yang pernah terjadi di sekitar tempat itu zaman masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.W. van Lansberge. Tapi suara-suara anak itu terdengar sangat senang, riang. Bahkan suara derap langkah mereka berlarian terdengar jelas.

Bukan hanya pekerja ini yang mendengar itu, menurutnya, mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono juga dikabarkan pernah mendengar suara-suara anak tersebut saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat.

"Pak SBY dan Bu Ani kan dulu tidur di Istana Merdeka. Tapi setelah itu enggak lama pindah ke Istana Negara yang belakang. Denger-denger cerita Bu Ani minta pindah karena itu, tapi ada yang bilang karena mau renovasi aja bukan karena hantu," kata sang pekerja.

Bukan hanya di lorong istana saja, cerita hantu itu ada. Di bagian samping istana, ada sebuah pantry kecil yang mirip ruang bawah tanah karena pintunya sangat rendah, di situ juga ada desas desus hantu yang menerima telepon. Pantry itu masih bagian dari istana, hanya saja tempatnya cukup tersembunyi karena sangat rendah. Yang masuk ke pantry harus menunduk karena pintunya sangat rendah.

Menurut si pekerja, tidak ada yang berani ke pantry itu tengah malam karena sering terdengar bunyi telepon di pantry.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar