Tokoh Lintas Agama Hadir di Open House Menag

Tokoh Lintas Agama Hadir di Open House Menag
Menag Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah tokoh lintas agama tampak hadir dalam open house idulfitri yang digelar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di rumah dinas Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Thomas Pentury hadir bersama empat pendeta, menjadi delegasi pertama yang datang ke rumah dinas Menteri Lukman.

Setelah itu datang berturut-turut delegasi umat Hindu, umat Buddha, bahkan Ketua umat Bahai di Indonesia.

"Ini adalah sebuah tradisi yang patut kita hargai dan syukuri, Menag dan seluruh umat muslim telah selesai berpuasa Ramadan, dan hari ini semua bersuka cita. Kami sebagai bagian dari Kementerian Agama, dan juga umat kristen di Indonesia yang tentu turut bersyukur bersama seluruh umat muslim di Indonesia," jelas Dirjen Thomas.

Baca: Doa Kiai Ma'ruf untuk Prabowo - Sandi Sungguh Menyejukkan Hati

Menag Lukman mengungkapkan, setiap kali open house, sejumlah elemen bangsa dari berbagai agama dan suku memang datang ke rumah dinasnya. Ini karena Idulfitri sesungguhnya adalah sarana yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia untuk saling memaafkan.

Dia menegaskan tindakan memaafkan tidak hanya dilakukan antara sesama muslim saja, tapi juga antara muslim dengan non muslim, yang semuanya merupakan hamba Allah SWT.

Menurut Menteri Lukman, Allah adalah Tuhan yang Maha Pemaaf. Semua dosa hamba-Nya akan diampuni selagi hamba itu meminta agar dosa-dosanya diampuni. Kecuali dosa antara seorang hamba dengan hamba yang lain.

Sejumlah tokoh lintas agama tampak hadir dalam open house idulfitri yang digelar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di rumah dinas Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News