Tokoh Senior Golkar Masuk Bursa Cawapres

Tokoh Senior Golkar Masuk Bursa Cawapres
Politikus Senior Partai Golkar, Akbar Tanjung. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Golkar dan mantan Ketua DPR RI, Akbar Tandjung meramaikan bursa cawapres pada Pilpres 2019 mendatang. Nama lain yang juga ikut meramaikan bursa cawapres adalah Surya Paloh (mantan politisi Golkar yang kini memimpin Partai Nasdem), Prabowo Subianto (pendiri Gerindra), Jusuf Kalla (Wapres), dan Wiranto (pendiri Hanura yang kini menjebat menkopolhukam).

Nama Akbar muncul dalam survei yang dilakukan Independent Data Survey atau IDS terhadap kandidat calon presiden atau Cawapres yang dipilih responden. Bahkan elektabilitas Akbar mengalahkan nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang kini maju sebagai salah satu Calon Gubernur Jawa Barat.

Akbar Tandjung dalam survei ini juga mengalahkan Muhaimin Iskandar, Ketua umum PKB yang kini mengkampanyekan diri sebagai Cawapres.

Akabr Tandjung, Surya Paloh, Kalla, Prabowo dan Wiranto itu seakan memosisikan diri sebagai tokoh senior yang ikut mendampingi tokoh baru atau muda yang muncul nama-nama seperti Gatot Nurmantyo, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan juga Mahfud MD.

Kemunculan tokoh Akbar Tandjung yang dipilih sebagai salah satu Cawapres dan sederet politisi senior meramaikan panggung politik menjelang Pilpres 2019 mendatang.

Peneliti lembaga survei, Independent Data Survey atau IDS, Dr. Edhy Aruman, mengungkapkan hasil survei IDS itu, Senin (23/4).

“Tujuan survei untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap calon pasangan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam pemilu 2019 nanti, kemungkinan peta persaingan antar pasangan calon yang diproyeksikan akan diusung oleh partai politik di tahun 2018 ini, dan peluang tokoh muda dan non-partai dalam peta persaingan tersebut,” kata Edhy Aruman.

Selama ini, kata Edhy, IDS pengalaman menyelenggarakan berbagai survey nasional untuk kepentingan internal bisnis klien, namun karena menariknya situasi politik menjelang Pilpres-Pemilu 2019, IDS memperluas kegiatannya untuk melakukan survey politik.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar dan mantan Ketua DPR RI, Akbar Tandjung meramaikan bursa cawapres pada Pilpres 2019 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News