Tokomodal Targetkan Bantu Pendanaan 15 Ribu UMKM

Tokomodal Targetkan Bantu Pendanaan 15 Ribu UMKM
Pinjaman modal usaha UMKM. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tokomodal menyasar pendanaan modal usaha untuk warung-warung skala kecil atau yang termasuk ke dalam kategori usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tokomodal merupakan platform teknologi finansial (fintech) penyedia pinjaman modal dengan sistem peer-to-peer. Hal itu berdasarkan pada masalah yang paling sering ditemui pemilik warung-warung UMKM, yaitu keterbatasan modal untuk belanja sehingga mengalami opportunity loss.

“Kalau pakai pinjaman konvensional di bank prosesnya memakan waktu lama. Sementara dengan sistem peer to peer lending, di mana kami sebagai platform matchmaking, ada warung yang dalam sehari bisa transaksi dua sampai tiga kali, frekuensinya lebih tinggi agar mereka bisa punya persediaan barang lebih banyak sehingga omzetnya pun akan naik,” ujar Co-Founder dan CEO Tokomodal, Chris Antonius dalam keterangannya, Selasa (24/9)

Warung-warung yang bisa mengajukan pinjaman modal adalah UMKM binaan Alfamikro. Sebelumnya memanfaatkan fasilitas pinjaman dengan model cash on delivery. Sedangkan, setelah adanya aplikasi Tokomodal dari perusahaan PT Toko Modal Mitra Usaha ini, para peminjam difasilitasi dengan teknologi finansial yang membuat proses peminjaman dana menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan biayanya lebih ringan.

“Tokomodal melakukan kerja sama dengan mitra kami, Alfamikro, karena yakin dengan sistem seleksi dan cara pembinaan mereka, sehingga UMKM yang masuk ke dalamnya merupakan UMKM yang memang layak. Hal ini adalah cara kami untuk menjamin keamanan pemodal untuk memberikan pinjaman. Itulah mengapa bagi kami sangat penting untuk memilih mitra yang punya kesesuaian visi dan misi,” Chris menambahkan.

Terlebih, dengan status Tokomodal sebagai platform pendanaan modal yang sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Chris Antonius yakin, bisnisnya akan terus bertumbuh. Terbukti, dari 40.000 UMKM binaan Alfamikro, saat ini Tokomodal sudah memberikan pendanaan kepada sekitar 10.000 warung UMKM di 100 kota yang tersebar 22 provinsi seluruh Indonesia dengan jumlah sekitar 1.200 pemodal.

Tokomodal juga menargetkan jumlah UMKM yang ingin dibantu, yaitu sebanyak 15.000 UMKM pada akhir 2019. Target itu sejalan dengan harapan OJK mengenai banyaknya penerima pinjaman modal usaha yang bisa dijangkau oleh pelaku teknologi finansial peer-to-peer lending.

“Kami tidak pernah mengukur aktif atau tidaknya platform pendanaan ini dari jumlah pinjaman yang diberikan. Kami akan selalu memertanyakan sudah berapa jumlah orang diberikan pinjaman, karena itulah sebenarnya esensi dari inklusivitas pendanaan, yaitu menyejahterakan orang banyak untuk mewujudkan keadilan sosial,” ujar Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan OJK, Hendrikus Passagi.

Tokomodal juga menargetkan jumlah UMKM yang ingin dibantu, yaitu sebanyak 15 ribu UMKM pada akhir 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News