Tol Cikampek-Palimanan Belum Bisa Dipakai Jalur Mudik

Tol Cikampek-Palimanan Belum Bisa Dipakai Jalur Mudik
Tol Cikampek-Palimanan Belum Bisa Dipakai Jalur Mudik

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa jalur Tol Cikampek-Palimanan belum bisa digunakan untuk arus mudik lebaran 2014. Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menegaskan bahwa jalur tersebut masih dalam tahap proses konstruksi.

"Jalan tol Cikampek-Palimanan belum bisa difungsikan karena masih dalam tahap konstruksi. Di jalur proyek banyak terdapat jembatan sementara yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan proyek yang spesifikasinya memang bukan untuk lalu lintas umum. Oleh karena itu, mempertimbangkan aspek keselamatan lalu lintas, kami tidak merekomendasikan penggunaan ruas tol tersebut selama mudik lebaran tahun ini,” tutur Hermanto, Senin (14/7) di Palimanan.

Menurut dia, jalur tersebut baru bisa digunakan pada musim mudik tahun depan. Karenanya, dia meminta masyarakat dapat memahami demi kepentingan semua pihak. 

Penegasan Hermanto Dardak tersebut menanggapi rencana Polres Purwakarta yang berniat membuka Tol Cikampek–Palimanan yang masih dalam tahap konstruksi sebagai jalur alternatif arus mudik pada saat lebaran nanti. Hal ini dimaksudkan agar kemacetan pada saat arus mudik mapun balik bisa terurai dengan penggunaan jalur Tol Cikampek-Palimanan.

Kapolres Purwakarta AKBP Slamet Hariyadi beberapa waktu yang lalu menuturkan, arus mudik yang melewati wilayah hukum Polres Purwakarta

tahun ini diprediksi mencapai lima juta unit, atau naik 12 persen dari tahun sebelumnya. Dengan kendaraan yang terus bertambah, potensi macet parah akan bisa terjadi, terutama pada puncak arus mudik.

Di lapangan, alat-alat berat masih beroperasi. Karenanya, bila ada lalu lintas kendaraan umum di lokasi proyek, dikhawatirkan bisa berbahaya bagi pengguna jalan. Selain itu, spesifikasi dan kondisi jalan proyek dan jembatan sementara yang ada di lapangan dibuat untuk keperluan kendaraan proyek, tidak sesuai jika digunakan untuk lalu lintas umum. (mas/jpnn)

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa jalur Tol Cikampek-Palimanan belum bisa digunakan untuk arus mudik lebaran 2014. Wakil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News