Tol Laut Tumbuhkan Perekonomian Indonesia

Tol Laut Tumbuhkan Perekonomian Indonesia
Kapal Tol Laut. Foto Ilustrasi: Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Implementasi tol laut yang dijalankan Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai telah berhasil membuat Indonesia makin kompetitif di era millenial.

"Ide tol laut telah menampakkan hasilnya dan membuat ekonomi negara terus tumbuh," ujar Pengamat Maritim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning, di Jakarta Selasa (19/12).

Menurutnya, kehadiran Tol Laut telah berhasil menurunkan harga bahan pokok di beberapa daerah wilayah timur Indonesia.

Serta makin tingginya frekuensi angkutan kapal baik barang maupun kapal penumpang dari dan sejumlah pelabuhan di tanah air, khususnya di wilayah Timur.

Hal ini selaras dengan salah satu misi dan visi Tol Laut yakni bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.

Dengan tol laut tersebut diharapkan wilayah-wilayah Indonesia, utamanya bagian Timur, untuk bisa terhubung sehingga mampu menekan harga komoditas.

Saat ini di Indonesia bagian Timur sudah dirasakan oleh masyarakat adanya penurunan harga 20-25 persen.

“Saya kira sebuah penurunan yang cukup tinggi. Namun, nantinya bila rute dan trayek ini semakin banyak, kami meyakini bahwa turunnya harga-harga ini akan menjadi semakin lebih baik lagi," ujar Raja Saut Gurning.

Dengan tol laut diharapkan wilayah-wilayah Indonesia, utamanya bagian Timur bisa terhubung sehingga mampu menekan harga komoditas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News