Tol Sumo Diresmikan, Tulungagung-Surabaya Hanya 1 Jam

Tol Sumo Diresmikan, Tulungagung-Surabaya Hanya 1 Jam
Jalan tol. Ilustrasi Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi akan meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto (sumo) seksi IB-III hari ini.

Seremoni peresmian tol tersebut akan dilakukan di Gerbang Tol Warugunung. Setelah menjajal tol Becakayu dengan Land Rover dan tol Soroja dengan bus Persib, pada peresmian tol kali ini, Presiden Jokowi memilih untuk menggunakan mobil listrik

”Iya. Besok (hari ini, Red) sudah confirmed diresmikan Presiden. Pukul 13.00. Presiden akan menggunakan mobil listrik,” tutur Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja kepada Jawa Pos, Senin (18/12).

Dengan pengoperasian tiga seksi tol tersebut, ruas tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,27 kilometer sudah terhubung sepenuhnya.

Pengoperasian ketiga seksi ini menyusul dua seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang telah dioperasikan terlebih dahulu.

Yaitu Seksi IA sepanjang 2,3 kilometer dari Waru hingga Sepanjang yang diresmikan Agustus 2011, serta Seksi IV sepanjang 18,47 kilometer dari Krian hingga Mojokerto yang diresmikan Maret 2016.

Pembangunan keseluruhan tol Sumo memakan waktu yang cukup lama. Lebih dari 23 tahun. Berdasarkan catatan, proyek pembangunan tol tersebut dimulai pada 19 Agustus 1994.

Proyek tersebut sempat mangkak lama karena terjangan krisis moneter pada 1997. Pada 2005, proyek tersebut kembali berjalan dan akhirnya rampung seluruhnya di 2017.

Hari ini Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan tol Surabaya-Mojokerto (sumo) di gerbang tol Warugunung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News