Presiden Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto Pekan Ini

Presiden Resmikan Tol Surabaya-Mojokerto Pekan Ini
Pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan ruas tol Surabaya-Mojokerto seksi IB-III dari Sepanjang hingga Krian pada pekan ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Jokowi sudah mengonfirmasi akan meresmikan ruas tol sepanjang 15,4 kilometer itu setelah kembali dari Turki untuk menghadiri KTT OKI.

”Besok Presiden akan berangkat ke Turki. Pada 13 Desember akan menghadiri KTT OKI dan 14 Desember sudah sampai di sini. Setelah itu akan meresmikan tol Sumo,” tutur Basuki saat ditemui di kantor Kementerian PUPR kemarin (11/12).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, persemian ruas tol yang akan menyambungkan secara penuh Surabaya dan Mojokerto itu akan memberikan dampak yang cukup signifikan.

Para pengendara yang hendak menuju ke Mojokerto dari Surabaya dan sebaliknya akan bisa menghemat waktu.

”Dengan kecepatan rata-rata 70-80 kilometer per jam, tidak sampai satu jam itu,” tutur Herry.

Padahal, dalam keadaan lalu lintas normal di jalan utama, pengendara bisa menghabiskan waktu 1 jam 45 menit hingga 2 jam untuk mencapai Mojokerto dari Surabaya dan sebaliknya. Herry menambahkan, dengan dibukanya jalan alternatif itu, kemacetan di jalan utama akan berkurang.

Beroperasinya seluruh seksi jalan tol Sumo menjadi pelengkap proyek jalan tol Trans Jawa yang akan membentang dari Merak hingga Banyuwangi.

Tol Surabaya-Mojokerto diresmikan Presiden Jokowi pekan ini. Seminggu masa uji coba, pengguna tidak akan dikenakan tarif alias gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News