Selasa, 18 Juni 2019 – 09:56 WIB

Tol Trans Sumatera Siap Layani Mudik Lebaran 2019, Dulu 12 Jam Kini Hanya 6 Jam

Sabtu, 25 Mei 2019 – 15:03 WIB
Tol Trans Sumatera Siap Layani Mudik Lebaran 2019, Dulu 12 Jam Kini Hanya 6 Jam - JPNN.COM

Jalan tol Trans Sumatera Medan-Binjai. Foto: setkab.go.id

jpnn.com, LAMPUNG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno memastikan Tol Trans Sumatera bisa melayani masyarakat selama libur lebaran 2019. Hal ini disampaikan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang, Jumat (24/5) kemarin.

Perjalanan menuju Tol Trans Sumatera dimulai dari Pelabuhan Penyeberangan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni yang dikelola PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Jalur yang dilalui adalah Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) sepanjang 329 kilometer (km) yang terdiri dari 140 km jalur operasional dan 189 km jalur fungsional.

Perjalanan tersebut ditempuh selama enam jam dengan total jarak tempuh 358,7 km. Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-12 jam.

BACA JUGA: Mudik Lebaran, Seluruh Ruas Jalan Tol di Indonesia Diskon 15 persen

“Jalan tol ini sangat memudahkan para pemudik dari Jakarta ke Palembang ataupun sebaliknya karena selain lebih aman, waktu tempuh pun dapat dipangkas hingga separuhnya. Dari Lampung – Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4 – 5 jam saja dengan kecepatan rata-rata 80 – 100 KM/Jam dan lalu lintas lancar,” kata Rini.

Karena itu, Rini juga mendorong anak buahnya untuk memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat.

"Saya senang beberapa ruas tol sudah bisa beroperasi dan nantinya ada jalur fungsional yang bisa digunakan masyarakat saat libur lebaran. Saya mendorong BUMN Karya agar nantinya bisa melayani masyarakat," tandas Rini.(chi/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar