Tol Yogyakarta - Bawen Mulai Dibangun, Segitiga Emas Bakal Terbentuk

Tol Yogyakarta - Bawen Mulai Dibangun, Segitiga Emas Bakal Terbentuk
Persiapan peletakan batu pertama Pembangunan ruas Tol Yogyakarta Bawen di Sleman, Rabu (30/3). Foto: Humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan ruas Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 73,82 kilometer telah dimulai dengan ditandai peletakan batu pertama di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (30/3).

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian, tol itu bakal meningkatkan konektivitas DIY dengan Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

"Tol Yogyakarta Bawen nantinya akan terhubung dengan Tol Semarang-Solo, dan Tol Solo-Yogyakarta International Airport Kulonprogo yang saat ini masih tahap konstruksi dengan progres 20,21 persen," ujar Hedy pada Kamis (31/3).

Selain itu, konektivitas tersebut nantinya bakal membentuk segitiga emas, yakni wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Hedy menyebut pembangunan jalan bebas hambatan itu akan memperkuat posisi Yogyakarta dalam sektor industri pariwisata yang sedang tumbuh.

Hal tersebut akan meningkatkan peran Yogyakarta sebagai penunjang perekonomian di Pulau Jawa bagian Selatan.

Menurut Hedy, pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen dengan nilai investasi Rp 14,26 triliun diharapkan mampu memberikan dorongan perkembangan ekonomi di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Namun, pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki tantangan yang cukup tinggi karena tetap harus menjaga kawasan cagar budaya dan kelestarian lingkungan.

Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 73,82 kilometer telah mulai. Proyek ini bakal membentuk segi tiga emas di dua provinsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News