Top! Magelang Tuan Rumah Olimpiade Astronomi 2015

Top! Magelang Tuan Rumah Olimpiade Astronomi 2015
Top! Magelang Tuan Rumah Olimpiade Astronomi 2015

jpnn.com - JAKARTA- Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015. Rencananya, ajang internasional tersebut akan digelar di Magelang, Jawa Tengah, September mendatang.

"Indonesia pernah menjadi tuan rumah IOAA pada 2008 lalu di Bandung. Saat itu Kemendikbud bekerja sama dengan Departemen Astronomi ITB. Dukungan dari universitas dan lembaga lain sangat membantu dunia pendidikan semakin berkualitas,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidie, Selasa (5/5).

IOAA 2015 akan diikuti sekitar 45 negara peserta. Namun, panitia menargetkan 50 kontestan. Negara-negara tersebut berada di kawasan Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Indonesia akan mengirimkan dua tim yang terdiri dari 10 siswa SMA/MA terbaik hasil seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2014 lalu. Sebagai persiapan, Indonesia sudah melakukan pembinaan dan pelatihan nasional sejak 2014.

Pembinaan melibatkan para dosen dan peneliti dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, LIPI dan lembaga lainnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA- Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015. Rencananya, ajang internasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News