Top Markotop... MATTA Fair 2016 Bukukan Transaksi Rp 42 Miliar

Top Markotop... MATTA Fair 2016 Bukukan Transaksi Rp 42 Miliar
MATTA Fair 2016 di di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur, Malaysia. Foto: thestar.com.my

jpnn.com - JAKARTA - Predikat ASEAN Favourite Destination yang melekat di reputasi booth Wonderful Indonesia di ajang MATTA Fair 11-13 Maret 2016 rupanya cukup signifikan. Kemenpar mencatat total transaksi di Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur, Malaysia itu senilai Rp 42 Miliar. 

Nilai itu meningkat drastis dari sebelumnya, dan menaikkan convidence level Kemenpar untuk menggali lebih banyak pasar Negeri Jiran itu.

Menpar Arief Yahya menanggapi serius dengan kekuatan branding, begitu di semua travel mart Wonderful Indonesia selalu tampil juara. 

“Ingat, ini kata-kata Ogilvy, setiap country branding naik 10 persen, maka pariwisata akan terdongkrak naik 11 persen, dan investasi bakal naik 2 persen. Begitu pun sebaliknya. Pariwisata ini sangat sensitive terhadap isu. Berbagai kemenangan itu, akan terus menaikkan level kepercayaan diri kita,” ungkap Mantan Dirut PT Telkom ini.

Menurut Ogilvy, branding itu harus konsisten dan intensif selama minimal 2 tahun. Lalu hasilnya baru bisa dirasakan pada tahun ketiga. Memang lebih sulit, lebih rumit branding, dibandingkan dengan manufacturing. Cerita soal kenaikan sales di MATTA Fair 2016 itu sudah bisa terbaca dari teori ini. 

“Dampak promosi terhadap sales itu, khusus untuk long haul, jarak jauh baru bisa dirasakan 1 tahun. Misalnya Eropa dan Amerika. Kalau sales jarak menengah, seperti negara-negara Arab, itu bisa 6 bulan. Dan untuk perbatasan, seperti Singapura dan Malaysia bisa berdampak dalam 1 bulan,” kata Arief Yahya.

Angka Rp 42M itu didapat dari hasil evaluasi kuisioner yang dibagikan kepada 34 industri. Dari puluhan industri tadi, diperoleh hasil estimasi transaksi sejumlah 6.259 pax dengan nilai sebesar MYR 10.000.000. 

Nominalnya setara dengan Rp 32 miliar dengan kurs MYR 3.200. Tambahan lainnya, didapat dari hasil transaksi langsung yang dilakukan local agent Malaysia sejumlah 2056 pax. Nilainya sebesar MYR 3.125.000, setara dengan Rp 10 miliar. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News