Top! Raper Kondang AKON Peduli pada Suku Anak Dalam

Top! Raper Kondang AKON Peduli pada Suku Anak Dalam
Undangan minikonser AKON di Kementerian Sosial, Rabu (8/3). Foto: Biro Humas Kemensos

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Sosial (Kemensos) bakal kedatangan rapper kondang asal Amerika Serikat (AS)  Aliaune Damala Akon Thiam. Rapper kelahiran Missouri, 16 April 1973 yang menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Senegal itu menjadi mitra Kemensos dalam pemberdayaan komunitas adat terpencil.

Rencannaya, nominator Grammy Award itu akan menandatangani nota kesepahaman atau MoU untuk program "AKON Terangi Suku Anak Dalam, Orang Rimba, dan Komunitas Adat Terpencil" di Jakarta, Rabu (8/3). AKON juga akan menggelar monikonser di kementerian yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa itu.

Sebagaimana siaran pers Kemensos, AKON yang bekerja sama dengan organisasi nirlaba Yayasan Dwiyuna Jaya Foundation akan merealisasikan program pemasangan peralatan pembangkit listrik tenaga matahari di tiap rumah dan mempromosikan penghematan energi. Selain itu, AKON juga akan menyanyikan sejumlah lagu andalannya seperti Lonely dan Right Now (Na Na Na) dalam minikonser di Kemensos.

Khofifah pun mengapresiasi kepedulian AKON terhadap Suku Anak Dalam yang notabene tergolong komunitas adat terpencil (KAT). Menurut Khofifah, hal itu sejalan dengan program pemerintah yang sedang mempercepat elektrifikasi desa.

“Selama ini Suku Anak Dalam hidup tanpa listrik. Selain itu, mereka hidup selalu berpindah-pindah dari kawasan yang satu ke kawasan yang lain untuk bertahan hidup,” ujarnya.

Khofifah menjelaskan, AKON sebelumnya sudah memulai program elektrifikasi di negara-negara Afrika. Total sudah ada 25 negara di Afrika yang menjadi sasaran program bertajuk AKON Lighting Africa.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, Kemensos juga tengah memaksimalkan program hunian tetap bagi Suku Anak Dalam, orang rimba dan KAT lainnya. Sedangkan listrik untuk Suku Anak Dalam dipastikan tak akan membebani mereka secara keuangan.

“Karena mengandalkan cahaya matahari, tidak perlu membayar setiap bulannya. Alat yang digunakan bisa bertahan hingga sepuluh tahun lamanya," ungkapnya.(ara/jpnn) 


Kementerian Sosial (Kemensos) bakal kedatangan rapper kondang asal Amerika Serikat (AS)  Aliaune Damala Akon Thiam. Rapper kelahiran Missouri,


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News