Top, Upaya Revitalisasi Surabaya Utara Menunjukkan Hasil

Top, Upaya Revitalisasi Surabaya Utara Menunjukkan Hasil
Salah satu bangunan tua di kawasan Surabaya Utara. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Kabar baik berhembus dari Surabaya Utara. Wisata heritage di kawasan tersebut menunjukkan geliat baik. Bukan hanya Taman Sejarah yang kian ramai, jumlah pengunjung bangunan cagar budaya De Javasche Bank juga meningkat. Jika bulan-bulan sebelumnya hanya seratusan pengunjung setiap Sabtu dan Minggu, bulan ini jumlahnya bisa mencapai 200 pengunjung.

Ada pengunjung domestik dan mancanegara. Misalnya, Li Yuen. Kemarin (24/11), wisatawan asal Hongkong itu datang ke De Javasche Bank bersama temannya. ''Bangunannya menakjubkan," katanya.

Tak hanya mengunjungi De Javasche Bank, Yuen juga mengelilingi Jembatan Merah dan Taman Sejarah. ''Saya menikmati wisata ini. Saya juga mengagumi sejarahnya," lanjutnya.

Risky, penjaga De Javasche Bank, tampak antusias melayani para pengunjung. Dia menjelaskan satu per satu ruangan hingga sejarah gedung peninggalan Belanda tersebut. Mulai nama, fungsi, hingga tahun pembuatannya. ''Selamat siang. Ada yang bisa dibantu?" sapa Risky setiap kali ada pengunjung yang datang. 

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung De Javasche Bank dalam sebulan terakhir merupakan hasil upaya pemkot untuk merevitalisasi Surabaya Utara sebagai kawasan wisata heritage. Peningkatan itu dinilai cukup signifikan. (yon/c18/ano) 

Jika bulan-bulan sebelumnya hanya seratusan pengunjung setiap Sabtu dan Minggu, bulan ini jumlahnya bisa mencapai 200 pengunjung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News