Tour de Molvccas Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

Tour de Molvccas Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Pembalap sepeda Tour de Molvccas melewati pesisir pantai di Pulau Seram Bagian Selatan, Maluku pada Kamis (21/9). FOTO: EO IGP

jpnn.com, MALUKU - Badan sepeda dunia yaitu Union Cycliste Internationale (UNI) menyatakan Tour de Molvccas 2017 yang diselenggarakan di Maluku memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak.

Perwakilan UCI Michael Robb yang menyaksikan dan mengawasi langsung TdM 2017 memberikan acungan jempol terhadap antusiasme penonton TdM 2017.

Konsultan Teknis TdM Jamaludin Mahmood memperkirkan jumlah penonton TdM etape kelima atau terakhir pada Jumat (22/9) dengan rute Pantai Namalatu-Lapangan Merdeka, Ambon, mencapai 500 ribu orang.

"Saya perkirakan penonton TdM 2017 di Kota Ambon mencapai 500 ribu," kata dia, Sabtu (23/9).

Bukan hanya itu, total penonton TdM untuk Etape pertama, kedua, ketiga, dan keempat di Pulau Seram juga diperkirakan hampir mencapai 500 ribu.

Penonton TdM 2017 di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terutama di kota Bula diperkirakan mencapai 250 ribu. Sedangkan penonton di Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagiab Barat kurang dari 250 ribu penonton.

“Jadi angkanya etape pertama sampai keempat mencapai hampir 500 ribu penonton. Ini jauh lebih banyak dari Singkarak Tour de Singkarak, Sumatra Barat. Untuk tingkat Asia, Tour de Molvccas cuma kalah dari Tiongkok dan bisa jadi masuk sepuluh besar dunia,” ungkap Jamaludin.

Jamaludin yang juga konsultan teknis untuk Tour de Singkarak, Tour de Ijen Banyuwangi, Tour de Flores (2016) dan berbagai ‘tour de’ atau lomba balap sepeda di Asia mengaku kagum dengan antusiasme warga Maluku.

Total penonton TdM untuk Etape pertama, kedua, ketiga, dan keempat di Pulau Seram juga diperkirakan hampir mencapai 500 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News