Toyota dan Nissan Cari Kepastian

Toyota dan Nissan Cari Kepastian
Toyota dan Nissan Cari Kepastian

JAKARTA - I
ndustri otomotif di Indonesia harap-harap cemas menanti kabar terkait dengan dampak gempa dan tsunami di Jepang. Ada beberapa pabrik dari beberapa merek besar yang berhenti produksi dan dikhawatirkan berimbas pada industri anak usaha di sini.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengatakan, pihaknya berharap pabrik otomotif yang terkena tsunami itu tidak terlalu parah dan bukan pabrik yang memproduksi komponen utama kendaraan untuk dikirim ke Asia Tenggara, khususnya Thailand dan Indonesia. ”Sejauh ini kami belum dapat laporan dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) tentang kepastiannya. Mereka mungkin sedang mencari tahu juga. Semoga tidak berdapak pada supply,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengatakan, pihaknya masih menunggu kabar dari prinsipal untuk mendapatkan informasi akurat terkait dengan dampak musibah itu. ”Sampai saat ini kami belum dapat data yang tepat. Jadi, nanti kalau sudah ada, langsung saya jelaskan,” ucapnya. Toyota adalah salah satu produsen otomotif yang menghentikan produksi pabriknya di daerah bencana.

Vice President Director National Sales and Promotion PT Nissan  Motor Indonesia (NMI) Teddy Irawan mengatakan, salah satu pabrik Nissan di Jepang memang tersapu tsunami. Meski begitu, menurut dia, belum diketahui seberapa parah kerusakannya. Selain itu, pihaknya masih mencari tahu apakah lini produksinya itu merupakan yang dikirim untuk produksi di Indonesia dan Thailand atau bukan.

JAKARTA - Industri otomotif di Indonesia harap-harap cemas menanti kabar terkait dengan dampak gempa dan tsunami di Jepang. Ada beberapa pabrik dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News