Toyota Hasilkan Mobil Auto Pilot

Toyota Hasilkan Mobil Auto Pilot
Foto: AFP

jpnn.com - TOKYO - Raksasa otomotif dunia asal Jepang, Toyota, meluncurkan kendaraan dengan sistem kemudi auto-pilot, Jumat (11/10). Kendaraan dengan teknologi menyerupai pesawat terbang itu kabarnya diciptakan Toyota untuk menjaga kendaraan tetap berada di dalam lajur jalan dan menjaga kemungkinan terjadinya kecelakaan.

"Ini adalah teknologi canggih untuk mendukung mengemudikan kendaraan di jalanan, mencegah terjadinya kesalahan manusia, mengurangi stres pada saat mengemudikan kendaraan dan membantu pengemudi mencegah terjadinya kecelakaan. Teknologi ini memiliki potensi yang besar untuk mengurangi jumlah angka kematian lalu lintas, " kata Managing Director Toyota, Moritaka Yoshida di Tokyo.

Pemimpin pasar mobil dan teknologi, seperti Toyota dan pesaingnya, Nissan serta raksasa internet Google, dikabarkan sudah lama bekerjasama untuk menciptakan sebuah teknologi self-driving dan assisted-driving. Meski demikian, teknologi self-driving itu belum sepenuhnya lepas dari campur tangan pengemudi.


Menurut Toyota, untuk sementara pengemudi masih perlu waspada dan mengambil bagian dalam proses mengemudi walaupun sudah bisa menjalankan kendaraan dengan sistem auto-pilot dan membiarkan kendaraan berjalan dengan sistem komputer. Selain teknologi auto-pilot, kabarnya kendaraan terbaru dari Toyota itu juga memiliki sistem navigasi canggih bernama The Highway Automated Driving Assist (AHDA).

AHDA merupakan sistem yang memungkinkan pengemudi berkomunikasi secara nirkabel. Sistem ini mampu mengarahkan kendaraan untuk berbelok ke kiri atau kanan melalui perintah si pengemudi, namun dengan tetap menjaga posisi mobil berada di lajur jalan.

"Mobil dengan teknologi ini mampu mempercepat atau memperlambat laju kendaraan, sekaligus membantu menghindari kemacetan lalu lintas, " kata Project Manager Toyota, Mitsuhisa Shida. "Secara nirkabel juga dapat bertukar data sekali tiap 0,1 detik," tambahnya.

Untuk teknologi AHDA, kabarnya Toyota juga berencana untuk memasangnya pada kendaraan komersial mulai tahun depan. Sebelumnya, Toyota telah memperkenalkan teknologi sistem pengereman otomatis pada sedan mewah Lexus. Kabarnya teknologi pengereman otomatis itu  juga akan diterapkan pada kendaraan produksi Toyota dari jenis lain mulai tahun 2015 mendatang. (nam/jpnn)


Berita Selanjutnya:
GTA V Rajai Rekor Guiness

TOKYO - Raksasa otomotif dunia asal Jepang, Toyota, meluncurkan kendaraan dengan sistem kemudi auto-pilot, Jumat (11/10). Kendaraan dengan teknologi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News