Toyota Supra Resmi Mengaspal, Andalkan Kekuatan BMW

Toyota Supra Resmi Mengaspal, Andalkan Kekuatan BMW
Peluncuran Toyota Supra di NAIAS 2019, Detroit. Foto: Toyota

jpnn.com, DETROIT - Kotak pandora terbuka dan tak ada lagi gambar teaser atau bocoran. Toyota GR Supra generasi kelima akhirnya resmi menyapa publik.

Penambahan GR di awal namanya menandai statusnya sebagai model global dari DNA sport Toyota Gazoo Racing. Jadi, kinerja tinggi jelas jadi titik tolak kehadirannya.

Sedan ikonik Toyota itu berbasis dari BMW Z4 terbaru (G29), sebagai bagian dari kolaborasi keduanya. Di balik kap mesin, Toyota Supra mempercayakan kekuatan BMW.

Ada dua pilihan mesin dengan tiga hasil tenaga berbeda, mulai dari 2.0-liter turbocharged 4-silinder untuk model Toyota GR Supra SZ menghasilkan 194,3 Hp dari 4.500 hingga 6.500 rpm dan torsi 320 Nm antara 1.450 hingga 4.200 rpm.

Naik setingkat ke model SZ-R dan angka-angka kinerja yang turut ditingkatkan. mesin yang sama namun mendapat setelan berbeda. Hasilnya 254,4 Hp dan 400 Nm dengan memotong waktu akselerasi menjadi 5,2 detik.

Bagi penggila kecepatan, Toyota GR Supra menawarkan varian terkencangnya RZ dengan pilihan mesin 3.0-liter menghasilkan 335,3 Hp dan dan torsi 500 Nm yang didapat pada 1.600 rpm hingga 4.500 rpm.

Kecepatan berlari sedan dua bangku itu tentu akan lebih cepat juga, dari nol ke 100 kpj hanya dalam waktu 4,3 detik. Semua pilihan mesin dipadukan transmisi otomatis ZF 8-percepatan standar.

Selain kekuatan mesin, kemampuan berlari dan keseimbangan di trek lurus tak lepas berkat setelan pusat gravitasi yang diklaim lebih rendah dari Toyota 86, distribusi berat cukup sempurna 50:50 dengan struktur bodi yang lebih kaku.

Kotak pandora terbuka dan tak ada lagi gambar teaser atau bocoran. Toyota Supra generasi kelima akhirnya resmi menyapa publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News