TPN Papua Barat Bertanggung Jawab soal Pembakaran Pesawat, Singgung TNI-Polri

TPN Papua Barat Bertanggung Jawab soal Pembakaran Pesawat, Singgung TNI-Polri
Anggota TPNPB. Foto: Sebby Sembom for cepos

jpnn.com, JAYAPURA - Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Papua Barat mengaku bertanggung jawab atas insiden pembakaran pesawat sipil Maf di Distrik Mbiandoga Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (6/1).

Dalam keterangan pers pihak TPN Papua Barat yang didapat Cepos Online, mereka mengeklaim aksi tersebut.

Mereka beralasan, pesawat itu membawa pasukan keamanan TNI-Polri atau mengangkut bahan makanan yang nantinya diberikan kepada pihak TNI-Polri.

Berdasarkan hal itu, TPN Papua Barat menganggap pesawat itu pantas dtembak atau dibakar.

“Manajemen Markas Pusat Komnas TPN Papua Barat mendapat konfirmasi bahwa berita penembakan helikopter di Tembagapura dan penembakan pesawat sipil di Intan Jaya itu benar," kata Jubir TPNPB Sebby Sambom seperti dilansir Cepos Online, Jumat (8/1).

"Alasannya sudah jelas, bahwa tahun lalu (2019 dan 2020) Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM sudah pernah mengumumkan bahwa apabila helikopter sipil dan pesawat sipil komersial mengangkut anggota TNI dan Polri maka TPNPB siap tembak,” imbuhnya.

Sebby menegaskan bahwa TPN Papua Barat sudah memberikan peringatan.

“Penembakan terhadap pesawat dan pembakaran itu karena tidak mengindahkan peringatan TPNPB dan jika masih melakukan maka kami akan terus melawan (menembak),” kata Sebby.

TPN Papua Barat mengatakan mereka sudah memberikan peringatan sebelum peristiwa pembakaran pesawat itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News