TPS Tempat Habib Rizieq Memanas, Ini Penyebabnya

TPS Tempat Habib Rizieq Memanas, Ini Penyebabnya
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab saat berada di TPS 17, Jalan Petamburan IV, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto Elfanny Kurniawan/JPG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Adu mulut sempat terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. TPS yang berlokasi di Jalan Petamburan IV itu merupakan tempat Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mencoblos.

Cekcok bermula ketika saksi dari pasangan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno memprotes petugas kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS) di TPS 017 yang mengizinkan pemilih bernama Berliana Sitorus untuk mencoblos. Saksi Anies-Sandi menilai masa aktif KTP milik Berliana sudah berakhir sejak dua tahun silam.

Meski begitu, nama Berliana tetap masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 017 Petamburan. Tim Anies-Sandi juga mempermasalahkan identitas milik Berliana yang bukan e-KTP.

Namun, petugas KPPS punya pandangan lain. Mereka berkeyakinan siapa pun yang nama nya tercantum dalam DPT berhak mencoblos.

Suasana makin ricuh saat sejumlah warga yang mengaku dari RW 04 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat itu ikut melakuan protes. Sejumlah warga lantas mengusir kehadiran pemilih yang hanya berbekal KTP tersebut. 

"Berapa anda dibayar? Bilang saja! Enak saja bisa leluasa milih ke TPS. Pulang sana," tegas salah seorang warga.

Ketua Panitia Pemilihan Suara (PPS) Petamburan Wiwin yang berada di TPS 17 lantas mencoba menengahi.  Warga yang protes tetap ingin mengusir Berliana.

Wiwin menuturkan, mestinya Berliana tetap diizinkan memilih di TPS 017. Sebab, namanya sudah di dalam DPT.

Adu mulut sempat terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 17 di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. TPS yang berlokasi di Jalan Petamburan IV

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News