Tragedi Mesuji Heboh Lagi, Gamawan Kaget

Tragedi Mesuji Heboh Lagi, Gamawan Kaget
Tragedi Mesuji Heboh Lagi, Gamawan Kaget
JAKARTA - Peristiwa aksi kekerasan di Mesuji, Lampung, termasuk wilayah Sodong, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, sudah berlangsung lama, dan puncak kekerasan terjadi April 2011. Mendagri Gamawan Fauzi mengaku kaget, mengapa tiba-tiba saat ini kejadian ini heboh lagi.

"Sebab itu kan proses sejak 2007 dan prosesnya berjalan. Saya menganggap itu sudah selesai karena selama ini tak pernah muncul itu. Masalah hukumnya jalan, masalah penyelesaian lahinnya diselesaikan. Nah tiba-tiba kok muncul ini, saya tak tahu juga karena ini wilayahnya kepolisian. Saya sempat kaget juga muncul itu," ujar Gamawan Fauzi saat dimintai tanggapannya atas peristiwa ini, di kantornya, Jumat (16/12).

Sebagai mendagri, Gamawan mengakui tidak begitu intens mengurusi kejadian ini. Alasannya, meski hal itu terkait dengan pemda, namun yang lebih disorot sebagai persoalan adalah aspek yang bukan menjadi kewenangannya, yakni masalah hukum.

Dalam masalah ini, diakui Gamawan, pihaknya tidak mengeluarkan instruksi khusus kepada pemda. Namun, untuk pembahasannya di internal pemerintah, dibahas di Kemenkopolhukam. "Jadi kita koordinasi di menkopolhukam," kata Gamawan. (sam/jpnn)

JAKARTA - Peristiwa aksi kekerasan di Mesuji, Lampung, termasuk wilayah Sodong, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, sudah berlangsung lama,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News