Traktor Tenaga Surya Muncul di Pameran Pangan Plus, Harganya Sebegini

Traktor Tenaga Surya Muncul di Pameran Pangan Plus, Harganya Sebegini
Petani awal Bali Artana mengatakan listrik yang dihasilkan dari traktor yang ditunjukkan. Foto: dok PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Petani asal Kabupaten Badung, Bali I Gede Artana menunjukkan traktor listrik ketika yang bersangkutan mengisi stan di Pameran dalam rangka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan (PDIP), JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/9).

Artana mengatakan listrik yang dihasilkan dari traktor yang ditunjukkan saat Pemeran Pangan Plus itu bisa berasal dari tenaga surya.

“Kami membuat inovasi traktor memakai tenaga surya. Dia menggunakan baterai 12 vol sebanyak 6 buah," kata dia ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (30/9).

Artana mengatakan traktor berkelir merah khas PDIP memiliki empat fungsi. Satu di antaranya sebagai alat penyiang gulma.

“Kedua, sebagai alat semprot. Alat semprotnya terdiri dari dua nozzle terdiri dari kiri dan kanan. Jadi, sangat efektif digunakan pada tanaman palawija,” kata dia. 

Ketiga, kata Artana, traktor itu bisa bertungsi menggemburkan tanah di sekitar lahan yang ditanami jagung. 

“Dihancurkan dari rodanya terus dipilah kekiri dan kekanan. Jadi dia menimbun bonggol-bonggol jagung,” lanjut dia. 

Keempat, katanya, traktor listrik bisa digunakan sebagai membajak sawah dan alat itu diharapkan menjadi inovasi tepat guna yang dibutuhkan petani. 

Petani awal Bali Artana mengatakan listrik yang dihasilkan dari traktor yang ditunjukkan saat Pemeran Pangan Plus 2023 bisa berasal dari tenaga surya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News