Transaksi IHSG dan Saham-Saham di Asia Mulai Bergairah

Transaksi IHSG dan Saham-Saham di Asia Mulai Bergairah
Transaksi IHSG dan Saham-Saham di Asia Mulai Bergairah
JAKARTA - Sektor finansial menutup akhir pekan ini dengan manis. Indeks harga saham gabungan (IHSG) kemarin melanjutkan penguatan, dengan ditutup menguat 39,47 poin (3,2 persen) menuju level 1.241,54. Pada pekan depan, kinerja bursa akan banyak ditentukan oleh publikasi data inflasi yang akan dilakukan oleh BPS pada awal pekan depan.

Terdapat 103 saham yang mendaki harganya, 43 saham tergelincir, 50 saham lainnya stagnan. Semua sektor di lantai bursa menguat, kecuali sektor industri dasar.

Bursa kawasan kemarin ditutup mixed. Indeks Hang Seng di Hongkong mencatat kenaikan 2,48 persen, indeks Nikkei 1,66 persen, indeks Kospi mendaki 1,18 persen, dan STI Singapura naik 0,44 persen. Sementara indeks Shanghai melorot 2,44 persen dan KLCI turun 0,44 persen.

Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia Budi Ruseno mengemukakan, penguatan indeks diharapkan akan berlanjut seiring ekspektasi penurunan harga BBM pada bulan depan. Itu dinilai akan menekan inflasi, sehingga bisa memberikan sentimen positif bagi pergerakan bursa. "Ada ekspektasi positif yang bisa membuat investor mulai berani kembali mengakumulasi saham-saham unggulan yang sudah terdiskon," tuturnya.

JAKARTA - Sektor finansial menutup akhir pekan ini dengan manis. Indeks harga saham gabungan (IHSG) kemarin melanjutkan penguatan, dengan ditutup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News