Transmigran Diberi Lahan Dua Hektare

Transmigran Diberi Lahan Dua Hektare
Transmigran Diberi Lahan Dua Hektare
BOGOR- Mimpi itu sebentar lagi menjadi kenyataan. Transmigran asal Kabupaten Bogor yang hidup di Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, bakal mendapatkan apa yang mereka nantikan selama ini. Dalam waktu dekat, Pemkab Sambas siap menyerahkan lahan usaha seluas dua hektare ke masing-masing transmigran.

“Seminggu lalu sudah selesai pengaplingan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) untuk dilanjutkan ke sertifikat,” ujar UPT Transmigrasi SP1 Sabung, Subah, Bachrudin kepada Radar Bogor (Grup JPNN), Selasa (2/7).

Sudah tiga tahun ini warga transmigran asal Kabupaten Bogor menantikan haknya mendapat lahan usaha. Pemkab Sambas membantah telah mengulur-ngulur waktu dalam penyerahan hak itu. Bachrudin menjelaskan, pihaknya memang terkendala dalam proses penyertifikatan lahan.

Selain itu, Dinas Transmigrasi Kabupaten Sambas sempat kebingungan mendapatkan bapak angkat untuk pengelolaan lahan usaha transmigran. Saat ini, ada dua perusahaan yang bakal menjadi bapak angkat yakni PT PAP dan PT Pundi. Kedua Bapak angkat tersebut akan membiayai produksi, perawatan dan menampung hasil produksi. Rencananya, dua hektare lahan tersebut bakal ditanami pohon sawit. Selama berjalannya, Dinas Transmigrasi bakal menggaet Dinas Pertanian untuk pengawasan.

BOGOR- Mimpi itu sebentar lagi menjadi kenyataan. Transmigran asal Kabupaten Bogor yang hidup di Sabung, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Kalimantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News