Tren Narkoba di Eropa Meresahkan, Jenis Baru Bermunculan

Tren Narkoba di Eropa Meresahkan, Jenis Baru Bermunculan
Arsip - Petugas pabean Hamburg menunjukkan kokaina yang ditemukan dalam 1.700 kaleng dempul, setelah pihak berwenang Jerman menyita lebih dari 16 ton kokaina di kota pelabuhan Hamburg, Jerman, 24 Februari 2020. Foto: ANTARA/Reuters/Cathrin Mueller/as

jpnn.com, BRUSSELS - Produksi narkoba sedang meningkat di Eropa, menurut perkiraan dari badan obat-obatan Uni Eropa pada Selasa, yang memperingatkan adanya penyebaran zat psikoaktif baru yang dijual dan dikonsumsi di benua itu.

Dalam laporan tahunannya, badan itu mengatakan bahwa bukti baru adanya peningkatan produksi obat mulai bermunculan, yang menegaskan peringatan sebelumnya bahwa benua itu kian menjadi pusat narkotika global dan tidak hanya sebagai pasar.

"Produksi obat-obatan sintetis terus meningkat di Eropa," tulis laporan itu.

Lab-lab ilegal di Eropa menghasilkan sejumlah besar amfetamin, metamfetamin dan obat sintetis lain untuk konsumsi lokal dan ekspor ke luar Eropa.

Obat-obatan dan bahan kimia untuk memproduksinya sebagian besar masih diimpor dari wilayah lain di dunia, termasuk Amerika Selatan dan Asia.

Namun, geng-geng kriminal Eropa mulai bekerja sama dengan kartel di luar benua itu untuk memangkas biaya produksi dan penyelundupan, tulis laporan itu, yang didasarkan pada informasi dari badan-badan penegak hukum Eropa.

Lebih dari 350 lab obat sintetis ditemukan dan dibongkar di Eropa pada 2020, tahun terakhir data itu tersedia, kata badan EU itu.

Badan itu menambahkan para penegak hukum juga menemukan lebih banyak lab kokaina dan tempat produksi obat baru seperti katinon.

Data terbaru memperlihatkan bahwa produksi narkoba sedang meningkat di Eropa, bahkan jenis-jenis baru bermunculan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News