Trend Asia Ungkap Data Aktivitas 3 Paslon Saat Masa Kampanye dan Dampaknya Terhadap Lingkungan

Trend Asia Ungkap Data Aktivitas 3 Paslon Saat Masa Kampanye dan Dampaknya Terhadap Lingkungan
Pemilu 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Trend Asia melakukan pemantauan terhadap ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 untuk melihat dampak aktivitas selama kampanye terhadap lingkungan.

“Fokusnya adalah pada emisi Karbondioksida (CO2) dari penerbangan yang mereka gunakan berupa private jet, helikopter, dan pesawat komersial carter,” ujar Direktur Program Trend Asia Ahmad Ashov Birry dalam keterangan tertulis, Selasa (13/2/2024).

Menurut Ashov Birry, metode pemantauan data penerbangan ini dengan mencocokkan jadwal dan lokasi kampanye Pilpres 2024 dari masing-masing paslon dengan bandara terdekat atau lapangan terdekat untuk melihat kedatangan dan keberangkatan pesawat tersebut.

Pemantauan dilakukan sejak kampanye dimulai pada 28 November 2023 sampai 4 Februari 2024 atau selama 69 hari kampanye (92 persen hari kampanye).

“Jumlah perjalanan udara yang kami analisa sebanyak 235 kali dengan berbagai tipe pesawat dengan total jarak tempuh 174.108,37 Kilometer (Km). Semuanya penerbangan domestik,” ujar Ashov Birry.

Dia mengatakan tidak semua perjalanan dapat dianalisis karena keterbatasan data penerbangan dan adanya upaya menyembunyikan data pesawat yang digunakan di domain publik.

“Kami menduga data penerbangan tersebut lebih banyak dari data yang tersaji untuk publik. Apa yang tersaji ini adalah puncak dari gunung es emisi penerbangan kandidat,” ujar Ashov Birry.

Menurut dia, jejak karbon dari tiga paslon ini sangat tinggi terkait pemakaian pesawat, sehingga jelas berkontribusi memperparah pemanasan global.

Trend Asia melakukan pemantauan terhadap ketiga paslon presiden dan wakil presiden untuk melihat dampak aktivitas selama kampanye terhadap lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News