Tri Tito Karnavian Berharap Pengembangan Pariwisata Dukung Pemasaran Usaha Perajin

Tri Tito Karnavian Berharap Pengembangan Pariwisata Dukung Pemasaran Usaha Perajin
Penutupan Workshop Pengembangan UMKM di Kawasan Geopark dan Wilayah Pertambangan yang dihadiri Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian yanng berlangsung di Hotel Ina Darma Deli Medan, Sumut, Senin (15/5). Foto: Dokumentasi Dekranas

jpnn.com, MEDAN - Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tri Tito Karnavian berharap pengembangan pariwisata, termasuk di Kawasan Geopark, Sumatera Utara (Sumut) mendukung pemasaran usaha perajin di daerah tersebut.

Harapan tersebut disampaikan istri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat menutup Workshop Pengembangan UMKM di Kawasan Geopark dan Wilayah Pertambangan di Hotel Ina Darma Deli Medan, Sumut, Senin (15/5).

"Di Sumut, terutama di Kawasan Geopark menjadi salah satu destinasi super prioritas di Indonesia, maka kami harapkan pengembangan pariwisata yang ada ikut mendukung pemasaran dari pelatihan ini,” ujar Tri Tito Karnavian.

Dalam kesempatan itu, Tri Tito Karnavian mewakili Dekranas mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah bersinergi dengan Dekranas sejak 2020 untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), meski kala itu sedang pandemi Covid-19.

Dia mengungkapkan selama tidak henti-hentinya mendapat dukungan, terutama untuk pengembangan kapasitas pada perajin dalam hal ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan keterampilan, tapi memberikan wacana baru dalam diversifikasi usaha perajin.

"Selama ini kita ketahui di Medan ini pasti ulos saja. Kita tidak mendengar kerajinan Bamboo. Namun Kementerian ESDM telah memberikan wawasan yang luas kepada masyarakat perajin di sini, bahwa ada alternatif lain dalam mengembangkan kerajinan di wilayah ini,” jelas Tri.

Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih pada Dekranasda Provinsi Sumut dan Kota Medan yang telah berkolaborasi dalam menggelar kegiatan tersebut.

Tri juga berharap setelah pelatihan ini para perajin bisa meningkatkan kapasitasnya terutama harus dibantu oleh pemerintah setempat.

Tri Tito Karnavian menyampaikan sejumlah harapan saat menutup Workshop Pengembangan UMKM di Kawasan Geopark dan Wilayah Pertambangan di Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News