Trik Mona Ratuliu Atasi Anak yang Terpaku pada Gadget

Trik Mona Ratuliu Atasi Anak yang Terpaku pada Gadget
Mona Ratuliu. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com - MONA Ratuliu punya trik untuk mengatasi anak yang terpaku pada gadget sehingga ogah belajar atau beraktivitas yang lain. Yakni, membikin perjanjian.

Pemain Lupus Milenia tersebut memang tak begitu saja melarang anaknya bermain gadget. Sebab, peranti canggih itu tidak selalu berefek negatif. Selama dalam pengawasan, anak bisa belajar banyak hal baru dari gadget.

Tapi, syarat ketat harus dijalani. Permainan hanya boleh 30 menit. Lebih dari itu, ada ketentuannya. ’’Makan harus pakai sayur atau harus mandi dulu. Kerjain PR atau hal lain,’’ kata istri Indra Brasco itu, seperti diberitakan Jawapos.com (induk JPNN).

Kalau kewajiban itu beres, anak-anak boleh bermain gadget selama satu jam.

Tiga anak Mona, yakni Davina Shava Felisa, Barata Rahadian Nezar, dan Syanala Kania Salsabila, tetap diawasi saat bergadget ria. Untung, video online yang kerap mereka tonton adalah cara membuat mainan atau video kegiatan sehari-hari.

Sistem perjanjian itu juga diberlakukan kalau anak-anak Mona ingin mainan atau baju baru. Misalnya, sebelum mereka pergi ke pusat perbelanjaan.

Mona juga tidak begitu saja meninggalkan mainan tradisional. Misalnya, congklak. ’’Ada, disimpan di rumah,’’ ujar Mona.

Dia gembira ketika anak-anak itu aktif bermain bersama teman-temannya atau di luar rumah. Sebab, anak-anak itu tidak sekadar bermain. Mereka bisa mendapatkan banyak hal baru.

MONA Ratuliu punya trik untuk mengatasi anak yang terpaku pada gadget sehingga ogah belajar atau beraktivitas yang lain. Yakni, membikin perjanjian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News