Trik Sederhana Ala Rizal Ramli Amankan Tanjung Priok

Trik Sederhana Ala Rizal Ramli Amankan Tanjung Priok
Rizal Ramli. Foto: Istimewa.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli punya cara jitu supaya kontainer-kontainer barang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta tidak betah parkir lama-lama.

Caranya, memberikan parkir gratis untuk 1-2 hari di sana. Sisanya, jangan coba-coba karena akan dikenakan biaya yang sangat mahal; Rp5 juta. "Sederhana kan," ujar Rizal di Jakarta, Selasa (15/9).

Cara tersebut dia lakukan untuk mengurangi kepadatan di pelabuhan tersibuk di Indonesia itu. Termasuk membereskan masalah dwelling time atau waktu tunggu bongkar muat di pelabuhan.

Sebagaimana diketahui, saat ini PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II masih menerapkan tarif yang begitu murah. Alhasil, banyak para pengusaha betah menitipkan barangnya berlama-lama di Tanjung Priok.

"Kenapa (masalah dwelling time-red) di kami 7 hari, Singapura 1 hari, Malaysia 1 hari. Terus tarif sewa di Tanjung Priok untuk kontainer itu cuma Rp75 ribu, padahal di negara lain Rp1-2 juta. Ini yang akan kami ubah," tegas pria berkacamata ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli punya cara jitu supaya kontainer-kontainer barang di Pelabuhan Tanjung Priok,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News