Triliunan Bro...Taylor Swift Melambung, Katy Perry Melorot

Triliunan Bro...Taylor Swift Melambung, Katy Perry Melorot
Taylor Swift. Foto: Robyn Beck/AFP

jpnn.com - LOS ANGELES – Kebahagiaan sedang dirasakan Taylor Swift, 26. Selain soal asmaranya yang bersemi dengan aktor Tom Hiddleston, secara karir dia tengah mencapai masa gemilang.

Mengawali pekan ini, penyanyi Wildest Dream itu dinobatkan sebagai selebriti berpendapatan tertinggi oleh majalah Forbes.

Musisi yang mengawali karir dari genre country tersebut mencatat penghasilan sebesar USD 170 juta (setara dengan Rp 2,231 triliun) selama setahun mulai Juni 2015 hingga Juni 2016. Tingginya nominal itu banyak disumbang dari 1989 World Tour. 

Editor Forbes Zack O'Malley Greenberg menjelaskan, penampilan live merupakan pemasok pendapatan utama. ’’Fans rela membayar tinggi untuk ketemu langsung dengan nama-nama besar, mulai pertandingan bola sampai konser musik,’’ ucapnya. 

Menurut dia, musisi atau artis yang sedang mempunyai tur konser atau promo bisa dipastikan masuk daftar yang rutin dikeluarkan itu. Hal tersebut juga yang menjadi penyebab Katy Perry yang tahun lalu berada di puncak dengan pendapatan (USD 135 juta setara Rp 1,772 triliun) kini melorot di peringkat ke-66 dengan pemasukan USD 41 juta (Rp 537,9 miliar). Sebab, sepanjang 2015, Perry tidak menggelar tur. 

Predikat itu jelas merupakan kado manis buat Swift. Terlebih, pada Juni lalu, dia merayakan 10 tahun karirnya di dunia musik. Tepat pada 19 Juni 2006, pemilik lima album tersebut merilis lagu pertamanya, Tim McGraw. Lagu bernuansa country itu digarapnya bersama songwriter Liz Rose. 

Lirik Tim McGraw menceritakan tentang perpisahannya dengan mantan kekasihnya, Brandon Borello, yang saat itu mulai masuk bangku kuliah. Judul lagu tersebut terinspirasi nama musisi country Tim McGraw yang merupakan favorit Swift dan Borello. Saat lagu itu dirilis, Swift masih berusia 16 tahun. Sebelumnya, dia mengalami beberapa kali penolakan dari label musik.

’’Saya mengerti, mereka (label musik) cukup waswas mengorbitkan musisi remaja. Kalau aku tidak bertemu Scott Borchetta (CEO label Big Machine Records), mungkin tidak ada label yang berani menerbitkan musisi berusia muda,’’ tuturnya sebagaimana dikutip CMT News. 

LOS ANGELES – Kebahagiaan sedang dirasakan Taylor Swift, 26. Selain soal asmaranya yang bersemi dengan aktor Tom Hiddleston, secara karir dia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News