Triwulan III, Arus Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Tembus 10 Ribu Unit

Triwulan III, Arus Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Tembus 10 Ribu Unit
Pelabuhan Tanjung Perak. Foto dok Humas Pelindo III

jpnn.com - SURABAYA – Arus kapal di Pelabuhan Tanjung Perak pada triwulan III 2016 mengalami kenaikan hingga 11 persen.

Angka itu mengalami kenaikan dibandingkan pada triwulan ketiga 2015. Di mana arus kapal hingga triwulan ketiga 2016 mencapai 10.609 unit.

"Pada triwulan ketiga 2015 hanya sekitar 9.500 unit," kata General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak, Joko Noerhudha.

Menurut Joko, kenaikan arus kapal di Pelabuhan Tanjung Perak salah satunya karena meningkatnya permintaan barang di Surabaya dan Jawa Timur, baik barang domestik maupun internasional.

"Apabila permintaan akan barang meningkat otomatis angkutan kapal akan semakin bertambah," terang dia.
 
Trend positif ini, kata Joko, tak lepas dari upaya Pelindo III untuk melakukan pembenahan, di antaranya melakukan revitalisasi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dengan memperdalam alur dari -9.5 meter LWS menjadi -13 meter LWS.

Kemudian memperlebar alur dari 100 meter menjadi 150 meter. Tujuannya, agar kapasitas kapal yang masuk pelabuhan Tanjung Perak semakin besar dan biaya logistik dapat diminimalisir.

Selain itu, Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak telah mempersiapkan berbagai fasilitas pelabuhan. Seperti dermaga, lapangan penumpukan, gudang hingga alat bongkar muat.

"Alat bongkar muat pun kami genjot produktifitasnya," kata Joko.(chi/jpnn)


SURABAYA – Arus kapal di Pelabuhan Tanjung Perak pada triwulan III 2016 mengalami kenaikan hingga 11 persen. Angka itu mengalami kenaikan dibandingkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News