Truk Dikerahkan untuk Angkut Jenazah Pasien Covid-19, Ambulans sudah Kewalahan

Truk Dikerahkan untuk Angkut Jenazah Pasien Covid-19, Ambulans sudah Kewalahan
Petugas bersiap menurunkan jenazah yang akan dimakamkan dengan protokol COVID-19 dari dalam mobil ambulans di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6). Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Ambulans di Jakarta sudah kewalahan mengangkut jenazah covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini sehingga kini dibantu dengan menggunakan truk.

Hal ini menyusul lonjakan kasus positif dan angka meninggal pasien korban virus asal Wuhan China itu.

"Dinas Pemakaman tidak sanggup, sudah capek semuanya. Sampai jam 6 sore tadi saja sudah 146 jenazah, sisanya masih ditaruh. Hari ini diangkat karena ambulans tidak mungkin lagi, akhirnya dengan truk berkapasitas delapan peti mati," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Edi Sumantri saat rapat di Komisi C bidang Keuangan DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Langkah tersebut juga, kata Edi, membutuhkan dana yang tidak sedikit dan hampir dipastikan menguras lagi dana belanja tidak terduga (BTT) DKI yang saat ini diarahkan untuk penanganan COVID-19.

Dalam rangka pemakaman tersebut, BTT DKI dikucurkan pada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota yang mencapai Rp13,02 miliar.

Rinciannya, untuk pengadaan peti jenazah, baju alat pelindung diri atau APD senilai Rp4,63 miliar, penyaluran insentif bulan Januari hingga Maret 2021 mencapai Rp5,22 miliar dan pengadaan peti jenazah, masker sarung tangan karet senilai Rp3,16 miliar.

Di sisi lain, Dinas Kesehatan DKI Jakarta memproyeksikan jumlah kasus aktif di ibu kota dapat menyentuh di angka 218 ribu hingga akhir Agustus 2021.

Proyeksi itu dibarengi dengan variabel temuan varian baru Covid-19 di DKI Jakarta beberapa waktu terakhir.

Ambulans di Jakarta sudah kewalahan mengangkut jenazah covid-19 dalam beberapa hari terakhir ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News