Trump Siap Beri Kewarganegaraan untuk Dua Juta Imigran

Trump Siap Beri Kewarganegaraan untuk Dua Juta Imigran
Presiden Amerika Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com, WASHINGTON - Gedung Putih berencana memberikan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) bagi hampir dua juta orang imigran dengan imbalan AS mendapat dana untuk pembangunan dinding perbatasan dengan Meksiko.

Rencana tersebut disarankan oleh seorang pembantu senior Trump menjelang perundingan dengan legislatif dari Partai Demokrat.

Rancangan Undang-Undang (RUU) yang diusulkan meminta dana bagi pembangunan tembok perbatasan Meksiko sebesar USD 25 miliar.

Namun Partai Demokrat yang menentang pendanaan untuk dinding tersebut mengkritik keras rencana tersebut.

Menurut media AS, rencana tersebut muncul dalam sebuah konferensi pada hari Kamis antara Kepala Kebijakan Gedung Putih Stephen Miller dan Pembantu Kongres Republikan.

Seperti dilansir BBC, Jumat, (26/1), Miller dilaporkan menggambarkan rencana Gedung Putih ini sebagai konsesi dramatis.

Cetak biru rencana dramatis tersebut menetapkan jangka waktu 10-12 tahun untuk AS dapat memberikan kewarganegaraan bagi 1,8 juta orang.

Sebanyak 1,8 juta imigran ini termasuk sekitar 700 ribu orang yang disebut peraih American Dream—imigran yang secara ilegal memasuki AS sebagai anak-anak dan terlindungi dari deportasi di bawah program era Obama, Deferred Action for Childhood Arrivals (DACA).

Gedung Putih berencana memberikan kewarganegaraan Amerika Serikat (AS) bagi hampir dua juta orang imigran

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News