Tujuh Desa di Aceh Barat Terancam Lenyap

Tujuh Desa di Aceh Barat Terancam Lenyap
Tujuh Desa di Aceh Barat Terancam Lenyap
MEULABOH- Sebanyak tujuh desa di pesisir pantai dalam wilayah Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat terancam tenggelam akibat erosi pantai. Ketujuh desa tersebut adalah Aleu Lhok Gunung Meuh, Pasie Megat, Meunasah Buloh, Tanjung Meulaboh, Meunasah Rambut, Meunasah Ara, dan Pu’uk.

Kepala Desa Pasi Megat, Idris kepada wartawan mengatakan di tujuh desa itu tak hanya pemukiman warga yang akan hilang. Sejumlah persawahan dan areal perkebunan juga bakal menghilang perlahan-lahan.

Dijelaskan, awal terjadinya erosi sungai ini diakibatkan kerapnya bencana banjir terjadi. Banjir terbesar di tahun 1979, sungai Mereboh yang meluap telah melahap pemukiman dengan luas sekitar puluhan hektar. “Penduduk yang kena imbas erosi telah dipindahkan ke kawasan perbukitan,” Idris.

Dalam perkembangannya, erosi sungai kian mengganas melanda permukiman dan areal perkebunan warga. Idris menambahkan, wilayah daratan sepanjang ratusan meter lenyap perlahan-lahan tergerus air sungai. Tragisnya, ratusan rumah warga, lahan pertanian dan perkebunan ikut terkena banjir. Lahan perkebunan kerena  seperti batang kelapa, buah langsat, mangga, durian ikutan digerus air.

MEULABOH- Sebanyak tujuh desa di pesisir pantai dalam wilayah Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat terancam tenggelam akibat erosi pantai. Ketujuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News