Tujuh Instansi Pusat Dinilai Bebas dari Korupsi

Tujuh Instansi Pusat Dinilai Bebas dari Korupsi
Jusuf Kalla. Foto: Tim Media Wapres

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak tujuh instansi pusat dinilai sebagai wilayah bebas dari korupsi. Mereka juga berhak mendapatkan penghargaan yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Apresiasi dan penghargaan Zona Integrasi menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) diberikan kepada tujuh pimpinan dimaksud adalah Sekjen Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bachtiar Ali, Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Sunarto, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menkumham Yasona Laoly, Menperin yang diwakili Sekjen Kemenperin Harris Munandar, Jaksa Agung Prasetyo, Kapolri yang diwakili Wakapolri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto.

Penghargaan juga diberikan kepada Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Luar Negeri yang diwakili oleh Wamenlu Abdurchaman Facher. Keduanya telah mendorong pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di instansi yg dipimpinnya.

Dalam arahannya, Wapres mendorong seluruh instansi pemerintah untuk menerapkan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM. JK mengibaratkan WBK emas dengan bintang empat, sedangkan WBBM ibarat platinum, atau bintang lima.

"Tapi selain selain bersih, pelayanan perlu juga cepat, karena pengusaha memerlukan kecepatan," ujar Wapres JK dalam acara apresiasi dan penganugerahan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di Jakarta, Senin (10/12).

Dalam kesempatan itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan, bertepatan dengan hari Antikorupsi, pihaknya memberikan penghargaan kepada unit kerja yang telah berhasil melakukan pembangunan Zona Integritas.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi KemenPAN-RB terhadap unit kerja yang berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Pada 2018, dari 205 unit kerja yang berhasil melakukan pembangunan zona integritas , 5 unit kerja diantaranya mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sementara 200 unit kerja lainnya mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Tujuh instansi pusat mengdapat penghargaan dari Wapres Jusuf Kalla, karena dinilai berhasil sebagai wilayah bebas dari korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News