Tujuh Kecamatan di Kabupaten Sigi Masih Terisolasi

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Sigi Masih Terisolasi
Kerusakan di Kota Palu, Sabtu (29/9) akibat gempa bumi dan tsunami. Foto: Istimewa/Pemprov Sulteng

jpnn.com, PALU - Secara umum akses darat menuju Palu maupun Donggala pascagempa dan tsunami, sudah terbuka Senin (1/10). Sehingga bisa digunakan untuk akses pengiriman bantuan. Baik itu logistik, permakanan, BBM, maupun genset pembangkit listrik. Meskipun begitu masih ada titik yang terisolasi.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho menuturkan akses ke Palu sudah mulai bisa dilalui. Misalnya jalan poros Palu-Kuali di Kabupaten Sigi sudah bisa dilewati kendaraan roda dua. Sebelumnya jalur ini terputus akibat tanah longsor. Namun ada beberapa daerah di Kabupaten Sigi yang masih terisolir.

Ketujuh kecamatan yang masih terisolir itu adalah Kecamatan Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan, Dolo Barat, Dolo Selatan, Gumbasa, dan Salua. Menurut Sutopo di tujuh kecamatan yang terisolir tersebut membutuhkan bantuan logistik, obat-obatan, dan alat berat.

Kemudian jalur dari kota Mamuju menuju Donggala kemudian turun ke arah Palu juga sudah bisa dilalui. Akses darat dari arah Gorontalo, Poso, maupun Pantoloan juga sudah terbuka.

Selain itu Sutopo mendapatkan kabar bahwa pelabuhan Pantoloan dan pelabuhan Donggala sudah operasional. Sehingga bisa menjadi akses untuk pengiriman bantuan. Selain itu juga bisa digunakan untuk evakuasi masyarakat yang ingin keluar dari Palu. ’’Kementerian Keuangan juga sudah mencairkan dana Rp 560 miliar untuk gempa Palu dan Donggala hari ini (kemarin, Red),’’ tuturnya.

Sutopo juga menjelaskan kondisi daerah lain yang terdampak gempa maupun tsunami. Dia mengatakan titik kerusakan di Donggala terjadi di Desa Tosale dan desa Towale di Kecamatan Benawa Selatan. Kemudian di Desa Loli Kecamatan Benawa dikabarkan permukiman warga rata dengan tanah. ’’Tinggi tsunami (di desa Loli, Red) diperkirakan enam sampai tujuh meter. Melampaui tiang listrik,’’ tuturnya.

Dampak gempa juga terjadi di Mamuju Utara, Sulawesi Barat. Di daerah ini dilaporkan ada satu korban jiwa. Kemudian 182 unit rumah rusak berat. Kerusakan terjadi di Kecamatan Sarjo, Sarude, Bambiara, Bambalomatu, Pedongga, dan Pasangkayu.

Sementara itu Sutopo juga menjelaskan beberapa tantangan dalam proses evakuasi. Dia mengatakan proses evakuasi korban di Perumnas Balaroa dan Komplek BTN Patobo sangat sulit. Sebab di Perumnas Balaroa rumah-rumahnya ambles di telan bumi. Kemudian di komplek BTN Patobo, rumah-rumah tertimbun lumpur hitam akibat fenomena likuifikasi.

Data BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menyebutkan ada tujuh kecamatan di Kabupaten Sigi masih terisolasi, pasca gempa dan tsunami Jumat (28/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News