Tujuh Korban Jembatan Ambruk Masih Dicari

Tujuh Korban Jembatan Ambruk Masih Dicari
Tujuh Korban Jembatan Ambruk Masih Dicari
BOGOR-Jembatan Gantung Cikuda dari anyaman bambu di Sungai Cihideung yang menghubungkan antara Kp. Pabuarankaum, Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea dengan Kp. Babakan, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, ambruk saat dilintasi 23 warga. Akibatnya, sedikitnya 16 orang hanyut, 1 diantaranya tewas dan 8 lainnya selamat. Hingga berita ini diturunkan, 7 orang diantara yang hanyut masih dicari oleh Tim Gabungan dari Tagana, Tim Reaksi Cepat (TRC), Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Bogor, Basarnas dengan dibantu ratusan warga sekitar.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 09:45. Saat itu, arus Sungai Cihideung sangat kencang karena mendapat kiriman air hujan dari Bendungan Katulampa. Disaat gerimis turun, rombongan jemaat Maulid Nabi Muhammad SAW dari Desa Cibanteng yang berjumlah sekitar 25 orang secara beriringan pulang dari hajat di Kampung Babakan, RW07, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga atau tepatnya bersebelahan dengan Komplek Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Kondisi jembatan yang terbilang tua diperparah dengan banyaknya beban muatan membuat anyaman bambu goyang dan riot.

Seketika, tali temali pengikat anyamanpun roboh hingga membuat jembatan selebar satu meter sepanjang 25 meter itupun ambruk. Panik dan histeris, jemaat yang mayoritas adalah siswa-siswi SD itupun langsung berlarian diatas tatakan jembatan. Nahas, usaha itupun gagal hingga membuat mereka terjatuh dari ketinggian sekitar 4 meter. Arus sungai yang deras membuat badan mereka terserat.

Beberapa jemaat yang masih nangkring di pinggiran jembatan akhirnya berhasil menyelematkan diri dan berusaha menyelematkan jemaat lainnya. Teriakan jemaat di lokasi kejadian membuat warga sekitar panik dan penasaran. Tak lama berselang, puluhan warga sekitarpun langsung berlarian menuju lokasi. Warga sekitar yang berdatangan ke lokasi langsung terjun ke sungai untuk mencari korban hanyut. Sangat disayangkan, arus sungai yang deras membuat warga keteteran mencari jasad mereka. Tak mau ambil resiko, warga langsung menghubungi aparat wilayah setempat.

BOGOR-Jembatan Gantung Cikuda dari anyaman bambu di Sungai Cihideung yang menghubungkan antara Kp. Pabuarankaum, Desa Cibanteng, Kecamatan Ciampea

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News