Tulungagung Diterjang Angin Kencang, Papan Reklame dan Belasan Pohon Roboh

Tulungagung Diterjang Angin Kencang, Papan Reklame dan Belasan Pohon Roboh
Petugas gabungan melakukan upaya penyingkiran batang pohon yang tumbang melintasng jalan di Desa Wonorejo. Foto: Ist/Antara

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, diterjang angin kencang dan hujan deras, Selasa (2/3). Sejumlah pohon dan papan reklame roboh.

Tim gabungan tanggap darurat bencana di Kabupaten Tulungagung bergerak cepat melakukan evakuasi pohon tumbang dan papan reklame yang roboh tersebut.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa yang berlangsung cepat tersebut, namun dua rumah di Desa Sukorejo Wetan, Kecamatan Rejotangan, dilaporkan mengalami kerusakan.

Selain itu ada satu unit kendaraan bermotor milik pengendara yang sedang berteduh rusak berat tertimpa pohon tumbang di wilayah Desa Wonorejo.

"Untuk papan reklame yang roboh di simpang empat Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, sempat membuat arus lalu lintas terganggu, tapi tidak sampai ada korban jiwa ataupun laporan kerusakan kendaraan yang melintas di bawahnya," kata Kasi Logistik dan Kebencanaan BPBD Tulungagung Nursono, saat dikonfirmasi melalui telepon.

Tim BPBD yang turun di lapangan dibantu Unit Pemadam Kebakaran, Satpol PP, TNI/Polri dan sukarelawan kebencanaan segera melakukan upaya evakuasi dengan menyingkirkan sejumlah pohon tumbang yang melintang di jalan maupun papan reklame yang roboh menutup separuh badan jalan di jalur Kota Tulungagung menuju arah Kecamatan Boyolangu dan Campurdarat tersebut.

Kepala BPBD Tulungagung Suroto menyatakan, fenomena angin kencang menyerupai puting beliung yang menumbangkan belasan pohon dan papan reklame besar di pinggiran Kota Tulungagung itu merupakan yang pertama terjadi di Tahun 2021.

Proses evakuasi tuntas hingga petang hari. Papan reklame yang roboh disingkirkan petugas ke tempat aman di pinggir jalan dengan dibantu mobil dobel gardan.

Angin kencang bersamaan dengan hujan deras di Tulungagung, Jatim, menyebabkan sejumlah pohon dan papan reklame tumbang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News