Tumpukan Kulit Kabel Juga Pernah Ditemukan Jelang Pilpres 2014

Tumpukan Kulit Kabel Juga Pernah Ditemukan Jelang Pilpres 2014
Kulit kabel yang ditemukan di selokan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Foto: Int

jpnn.com - JAKARTA - Kulit kabel yang terdapat di saluran air Medan Merdeka Selatan terus bertambah. Hingga saat ini sudah ada 15 truk yang berisi kulit kabel. Jumlah itu meningkat dari sebelumnya 12 truk.

Kepala Dinas Tata Air DKI Teguh Hendrawan mengatakan, pihaknya terus melakukan pembersihan saluran air dari kulit kabel. Dengan begitu diharapkan laju air tidak tersumbat dan menyebabkan terjadinya genangan.

"Kami upayakan maksimal Jakarta enggak ada genangan," kata Teguh di Balai Kota, Jakarta, Rabu (2/3).

Teguh menyatakan, kasus kulit kabel di saluran air tidak hanya terjadi pada 2016. Kasus serupa juga ada pada 2014. Bedanya, pada tahun politik itu, tumpukan kulit kabel ditemukan di selokan Jalan Medan Merdeka Timur.

Untuk mengusut kasus kulit kabel itu, Pemerintah Provinsi DKI menyerahkan kepada kepolisian. "Saya tugasnya hanya ngebersihin," ujar Teguh.

Saat ini, petugas harian lepas Kebersihan dan Tata Air digabung untuk membersihkan sampah. Selain itu juga dilakukan pengerukan waduk. Teguh menyatakan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sudah memerintahkan harus beres tahun ini.

"Untuk pintu air Manggarai itu kan peraturan 1973 baru dibuka setelah ketinggian 750 cm. Nah, sekarang kami ubah. Pokoknya buka semuanya 200 cm. Enggak apa-apa Istana banjir yang penting warga jangan," ungkap Teguh. (gil/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News