TunaiKita Mendukung Target Pemerintah soal Inklusi Keuangan

TunaiKita Mendukung Target Pemerintah soal Inklusi Keuangan
Indonesia Fintech Fair 2018. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan Financial Lending Tunaikita mendukung target pemerintah mencapai inklusi finansial 75 persen di tahun 2019 dan membantu memenuhi dan menjembatani kebutuhan dana (lending gap) Indonesia yang besarnya hampir Rp1000 triliun.

Per hari ini, Rabu (15/8), perusahaan berbasis teknologi informasi ini hadir di 159 kota dan kabupaten di Indonesia.

COO TunaiKita Andry Huzain mengatakan dengan begitu wilayah cakupan untuk pengajuan pinjaman via aplikasi TunaiKita sudah resmi hadir dari Barat hingga ke Timur Indonesia.

Semula kami lebih terkonsentrasi pada pulau Jawa dan DKI Jakarta. Kini TunaiKita mulai beroperasi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT hingga Ke Papua. Ekspansi masif ini berhasil dilakukan hanya dalam kurun 14 bulan TunaiKita beroperasi di Indonesia.

“Kami melakukan ekspansi masif ini karena kami ingin menjangkau lebih banyak lagi masyarakat yang selama ini belum terjamah lembaga keuangan konvensional. Kesulitan masyarakat dalam memperoleh kredit tentunya sangat dirasakan oleh para pemilik UMKM, maka tak heran mayoritas nasabah kami adalah mereka yang membutuhkan dana cepat dari sumber kredibel untuk menumbuhkan usahanya. Data Bank Indonesia menyebut bahwa inklusi keuangan secara nasional baru mencapai 55 persen, sementara Pemerintah Indonesia menargetkan inklusi keuangan sebesar 75 persen pada tahun 2019,” ujar COO TunaiKita, Andry Huzain .

VP Corporate Affairs TunaiKita, Anggie Ariningsih mengatakan salah satu alasan kenapa pertumbuhan inklusi keuangan masih terbilang lambat adalah karena masih banyak warga yang tinggal jauh dari bank atau layanan jasa keuangan. Sementara penetrasi smartphone di Indonesia tahun ini diperkirakan bakal melampaui 100 juta pengguna -- keempat terbesar di dunia. Karena itulah TunaiKita berusaha hadir ke berbagai pelosok, dari Barat ke Timur.

“Ambisi kami adalah untuk hadir di seluruh Indonesia dengan satu sentuhan -- cepat, 24 jam sehari,” katanya.

Menurutnya, sejalan dengan mengekspansi daerah cakupan, TunaiKita juga aktif bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan dan Asosiasi Fintech dalam memberi edukasi bagi masyarakat di berbagai kota tentang manfaat dan kemudahan yang ditawarkan fintech, serta cara mengembangkan usaha start-up.

Upaya membuat masyarakat lebih melek fintech merupakan kontribusi TunaiKita terhadap target inklusi keuangan Pemerintah Indonesia dan pertumbuhan perekonomian nasional secara umum, karena kami menawarkan pinjaman kredibel untuk keperluan produktif maupun konsumtif.

TunaiKita sendiri menawarkan pinjaman hemat biaya untuk masyarakat; mulai dari proses aplikasi pinjaman hingga perlindungan penipuan online yang bersifat real-time; penjaminan, pelayanan dan hadiah bagi konsumen; dan terakhir proses penagihan hutang yang baik.

Manfaat teknologi TunaiKita diterima baik oleh para konsumen di paruh pertama 2018, dimana jumlah pinjaman yang dicairkan naik 400 persen lebih, jumlah nasabah yang memilih untuk meminjam lagi dengan TunaiKita naik 60 persen, sementara angka kredit macet untuk bulan Juni turun 175 persen dibanding Januari.

PT. Digital Tunai Kita, atau TunaiKita, yang didirikan pada Januari 2017 adalah perusahaan patungan antara WeCash Southeast Asia, JAS Kapital dan Kresna Usaha Kreatif. TunaiKita menggabungkan platform teknologi terbaik dari WeCash dan pengalaman teruji di sektor finansial oleh JAS Kapital dan Kresna. TunaiKita beroperasi di Indonesia dibawah kerangka perundang-undangan POJK/77 tentang peer-to-peer lending.

TunaiKita didirikan oleh Andry Huzain dan James Chan. TunaiKita adalah perusahaan Indonesia pertama yang membangun “lending robot” bagi penyandang dana (funding sources) untuk mengevaluasi kelayakan kredit konsumen, mencegah fraud, dan menyetujui pengajuan pinjaman. James saat ini juga bertindak sebagai Managing Director Wecash (Asia Pacific) Pte Ltd dan Chief Strategy Officer Wecash Group.

Berkantor pusat di Beijing, Wecash memiliki lebih dari 700 karyawan yang tersebar di China, Amerika Serikat, Brazil, Singapura, Indonesia, India, dan Vietnam Dalam 3 tahun terakhir, kami berhasil mencatat investasi modal lebih dari US $ 260 juta.

Wecash bekerja dengan lebih dari 30 lembaga keuangan dan memiliki lebih dari 130 juta pengguna di seluruh dunia.

Pada 2017, Wecash mengucurkan lebih dari 14 juta pinjaman dengan nilai keseluruhan lebih dari US$ 5 miliar. (dil/jpnn)


Perusahaan Financial Lending Tunaikita mendukung target pemerintah mencapai inklusi finansial 75 persen di tahun 2019


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News