Tunanetra Terancam Tak Nyoblos

Tunanetra Terancam Tak Nyoblos
Tunanetra Terancam Tak Nyoblos

SURABAYA - Sebanyak 38 ribu tunanetra di Jawa Timur (Jatim) terancam tidak bisa memilih para wakil rakyat di DPR dan DPRD. Sebab, hingga kemarin (26/2) belum ada template surat suara untuk huruf braille. Yang ada baru template surat suara untuk memilih anggota DPD.

Hal itu diungkapkan mantan komisioner KPU Jatim yang kini menjadi pengamat politik, yaitu Agus Mahfudz Fauzi. ''Menurut informasi yang saya terima, hingga kemarin tidak ada template untuk tunanetra,'' ujar pria yang kini aktif di LSM Bangun Indonesia tersebut.

Padahal, berdasar data yang dilansir Sigap, sebuah perkumpulan tunanetra di Jatim, ada 38 ribu tunanetra yang tercatat menjadi anggota. ''Padahal, masih banyak tunanetra yang belum menjadi anggota. Artinya, jumlahnya jauh lebih besar,'' paparnya.

Itulah yang kemudian disesalkan Agus. ''Padahal, dulu saya mengajukan masalah ini. Namun, KPU belum menanggapi. Ini tentu saja disayangkan. Sebab, bagaimanapun juga kaum tunanetra mempunyai hak memilih. Mereka harus difasilitasi,'' katanya.

SURABAYA - Sebanyak 38 ribu tunanetra di Jawa Timur (Jatim) terancam tidak bisa memilih para wakil rakyat di DPR dan DPRD. Sebab, hingga kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News