Tunggu, Golkar Tak Akan Terburu-buru Pecat Novanto

Tunggu, Golkar Tak Akan Terburu-buru Pecat Novanto
Lodewijk Paulus. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Golkar belum menentukan status keanggotaan Setya Novanto di partai berlambang beringin hitam itu setelah pengadilan menyatakan mantan ketua DPR tersebut bersalah dalam korupsi e-KTP. Sekretaris Jenderal Golkar Lodewijk F Paulus menyatakan, partainya memiliki aturan soal pemecatan kader.

"Itu sudah ada ketentuannya. Kami sesuaikan saja dengan aturan yang ada. Kami akan pelajari. Tentunya ada langkah-langkah yang akan diambil," ujar Lodewijk di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Rabu (25/4).

Mantan TNI itu menyatakan, partainya yang kini dipimpin Airlangga Hartarto berkomitmen dengan slogan Golkar bersih. Dia tak mau slogan itu hanya sebatas jargon.

Baca juga: Setya Novanto Terbukti Korupsi, Diganjar 15 Tahun Bui

Namun, Golkar memang tak serta-merta memecat Novanto yang pernah menjadi ketua umum di partai jawara pemilu era Orde Baru itu. Sebab, ada mekanisme dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) yang harus dilalui sebelum Golkar memecat kader.

"Tapi kami juga punya AD/ART yang harus ditepati. Tunggu, kan masalah beliau belum tuntas nih. Masih berproses," pungkas Lodewijk.(fat/jpnn)


Partai Golkar belum mengambil keputusan soal keanggotaan Setya Novanto yang telah divonis bersalah dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena korupsi e-KTP.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News