Tunggu Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 dan Penetapan Formasi

Tunggu Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 dan Penetapan Formasi
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Pendaftaran CPNS 2018 belum ada kepastian tanggal dan bulan kapan akan dibuka. Sejumlah pemda masih harap-harap cemas menunggu jawaban usulan formasi CPNS 2018 yang diajukan ke pusat.

Pemko Banjarmasin, Kalsel, misalnya, sudah mengusulkan 460 formasi CPNS 2018. Usulan formasi itu didominasi lowongan untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

"Sekitar 190 formasi khusus untuk keperluan operasional Rumah Sakit Sultan Suriansyah," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Banjarmasin, Syafri Azmi, seperti diberitakan Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Usulan diajukan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namanya juga usulan, kementerian bisa menerima sebagian atau bahkan menolak seluruhnya.

Namun, Syafri cukup optimistis. Mengingat patokan utama pemerintah pusat dalam menerima atau menolak usulan adalah kondisi APBD. Pos belanja langsung harus tetap lebih besar daripada belanja tidak langsung.

"Kalau belanja tidak langsungnya sudah di atas 50 persen, bakal sulit mengusulkan formasi CPNS," imbuh Azmi.

Jangan sampai belanja tunjangan pegawai mengalahkan belanja proyek untuk infrastruktur dan layanan publik. Menengok APBD 2018, belanja tidak langsung mencapai Rp778,3 miliar dan belanja langsung Rp840 miliar.

Selain tenaga kesehatan, usulan formasi juga didominasi lowongan guru. Mencapai 200 lowongan lebih. Ini guna menutupi kekurangan tenaga pengajar di Banjarmasin. "Tahun kemarin saja hampir 200 guru PNS yang pensiun," terangnya.

Pendaftaran CPNS 2018 hingga saat ini belum ditetapkan kapan akan dibuka, pemda masih menunggu jawaban usulan formasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News