Tuntut Bantuan, Warga Sultra Menginap di Kemenko Kesra

Tuntut Bantuan, Warga Sultra Menginap di Kemenko Kesra
Tuntut Bantuan, Warga Sultra Menginap di Kemenko Kesra
JAKARTA - Ratusan warga Sulawesi Tenggara (Sultra) pengungsi Maluku yang tergabung dalam Suara Aspirasi Rakyat (SARA), menginap di Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) di Jalan Medan Merdeka Barat. Aksi menginap itu dilakukan karena tuntutannya untuk mendapatkan bantuan belum disambut pemerintah pusat.

"Kami datang menuntut keadilan. Di daerah lain pengungsi Maluku mendapatkan bantuan, sementara kami tidak," kata Warjani Wally, Ketua SARA yang juga koordinator aksi di Jakarta, Rabu (25/8).

Warjani mencontohkan pengungsi Maluku yang berada di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Pada tahun 2003 dan 2004, kata dia, para korban kerusuhan Maluku di sana mendapatkan bantuan Rp 16,5 juta. Sedangkan pengungsi yang di Maluku mendapatkan bantuan Rp 12,5 juta.

SARA sendiri katanya, menuntut (bantuan) Rp 10 juta per Kepala Keluarga (KK). Di mana berdasarkan hasil identifikasi permasalahan dan pendataan pengungsi eks-Maluku oleh pemerintah kabupaten/kota se-Sultra, ada 53.839 KK pengungsi (255.009 jiwa). Artinya, bila tuntutan ini disetujui, maka negara harus menganggarkan Rp 538,39 miliar.

JAKARTA - Ratusan warga Sulawesi Tenggara (Sultra) pengungsi Maluku yang tergabung dalam Suara Aspirasi Rakyat (SARA), menginap di Kantor Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News