Tuntut Cabut SP3 Karhutla, Mahasiswa Sweeping Dewan Riau

Tuntut Cabut SP3 Karhutla, Mahasiswa Sweeping Dewan Riau
Mahasiswa sweeping anggota dewan Riau dan menuntut pencabutan penerbitan SPT Karhutla. Foto: Riau Pos/jpg

jpnn.com - PEKANBARU - Puluhan mahasiswa menggelar aksi demo di depan pagar gedung DPRD Riau. Aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Riau (UIR) menuntut pencabutan penerbitan SP3 terhadap 15 perusahaan diduga pembakar lahan. 

Mereka juga mengajak anggota DPRD Riau untuk ikut turut bersama-sama melakukan aksi bersama mereka di Polda Riau. Namun, keinginan mahasiswa tersebut tidak dapat terlaksana. 

Pasalnya Kasubag Humas dan Perpustakaan Setwan DPRD Riau, Syefriadi yang menemui massa aksi menyampaikan bahwa anggota DPRD terutama Komisi A yang membidangi masalah hukum tengah berada diluar kota. 

Tidak terima dengan hal itu, massa meminta untuk dapat langsung mengecek ke dalam gedung DPRD Riau.

"Anggota Komisi A sedang keluar kota, observasi di Jakarta. Kalau mau diajak aksi hari Kamis saja. Tapi kalau mau orasi silahkan saja," ujar Syefriadi saat menemui massa.

Setelah dilakukan kesepakatan, akhirnya puluhan mahasiswa diizinkan masuk ke gedung DPRD Riau untuk mengecek langsung terutama ruangan Komisi A. Benar saja, saat dicek tidak ada satupun anggota Komisi A yang berada diruangan dan hanya menyisakan beberapa staf saja.

"Dengan tidak adanya satupun anggota DPRD Riau, membuktikan bahwa DPRD tidak serius menangani masalah asap, DPRD diam seakan di Riau tidak ada persoalan. Kapolda Riau harus di copot, yang menyuarakan ini seharusnya DPRD Riau. Apapun agendanya, yang harus di prioritaskan adalah rakyat," ujar Menlu BEM UIR Mirwansyah seperti diberitakan Riau Pos (Jawa Pos Group) hari ini (7/9).

Dengan tidak adanya anggota DPRD Riau tersebut, pihaknya akan mendatangi lagi kantor DPRD dilain waktu. Setelah melakukan aksi sweeping, massa kemudian membubarkan diri dan melanjutkan aksi ke Polda Riau. 

PEKANBARU - Puluhan mahasiswa menggelar aksi demo di depan pagar gedung DPRD Riau. Aksi puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News