Turah Masuk Seleksi Oscar 2018, Ini Kata Reza Rahadian

Turah Masuk Seleksi Oscar 2018, Ini Kata Reza Rahadian
Turah (fourcolorsfilms)

jpnn.com - Aktor Reza Rahadian memuji Turah yang menjadi wakil Indonesia dalam seleksi film berbahasa asing terbaik di ajang Oscar 2018.

Menurut Reza, film tersebut menyajikan cerita yang menarik, yakni kehidupan penduduk Kampung Tirang, Tegal, Jawa Tengah, yang terisolasi bertahun-tahun.

"Saya pernah nonton bersama sutradaranya waktu itu dan saya bilang ini film bisa jadi tidak hanya mengangkat kearifan lokal tapi Indonesia dalam skala yang kecil," ucap Reza yang merupakan satu dari 13 anggota komite seleksi PPFI.

"Buat saya kondisi-kondisi di film itu mungkin saja terjadi di Indonesia saat ini namun terabaikan. Ada orang yang masih membutuhkan dukungan dan diperjuangkan hak-haknya dan film Turah mengangkat isu itu. Buat saya pribadi film Turah cukup memberikan satu harapan, inilah kekayaan Indonesia," tambahnya.

Seperti diketahui, Turah dipilih PPFI ebagai perwakilan Indonesia dalam Academy Awards atau Oscar 2018. Film Turah dikirim untuk ikut seleksi kategori Best Foreign Language Film dalam ajang tersebut.

Turah adalah film yang menggunakan bahasa Jawa dialek Tegal. Film arahan sutradara Wicaksono Wisnu Legowo itu mengangkat cerita konflik sosial di Kampung Tirang, Tegalsari, Kota Tegal.

Sebelumnya Turah juga telah berjaya dan meraih banyak penghargaan baik di dalam maupun luar negeri. Film yang diproduseri Ifa Isfansyah itu meraih penghargaan seperti Singapore Internationl Film Festival 2016, Jogja - NETPAC Asian Film Festival 2016, Bengaluru International Film Festival 2017, Asean International Film Festival and Award 2017, Seoul International Agape Film Festival 2017, Cinemalaya Independent Film Festival 2017 dan lainnya.

Seluruh pemain Turah berasal dari Tegal dan merupakan seniman teater. Turah diperankan oleh Ubaidillah, Slamet Ambari sebagai Jadag, Yono Daryono sebagai Darso, Rudi Iteng sebagai Pakel, Narti Diono sebagai Kanti, dan lainnya. (ded/JPC)


Berita Selanjutnya:
Reza Rahadian jadi Wartawan

Reza Rahadian memberikan penilaiannya terhadap film Turah yang menjadi wakil Indonesia di Oscar 2018


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News