Turis Main Kembang Api untuk Foto Pre-Wedding di Gili Lawa?

Turis Main Kembang Api untuk Foto Pre-Wedding di Gili Lawa?
Gili Lawa Taman Nasional Komodo. Foto: Pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini Polres Manggarai Barat bersama PPNS Balai Gakkum wilayah Jabanusra serta Balai Taman Nasional Komodo sedang menyelidiki penyebab kebakaran di Pulau Gili Lawa Darat.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu terjadi. Namun, isu yang beredar di kalangan traveler dan warganet di Instagram, kebakaran dipicu wisatawan yang main kembang api untuk keperluan foto dan video pre-wedding.

"Demi apa itu terjadi gara-gara photoshoot. Saking inginnya eksis foto-foto prewedding tapi merusak alam," tulis akun @daylanita di akun @Indonesiajuaratrip di Instagram.

Belum adanya hasil resmi penyelidikan terhadap peristiwa kebakaran Gili Lawa membuat informasi di kalangan netizen simpang siur.

Ada juga yang menyebut kebakaran terjadi karena ada yang merokok dan membuang puntung rokok di pulau itu.

Padahal lokasi Gili Lawa yang berupa padang rumput sangat rentan terbakar saat musim kemarau seperti yang terjadi saat ini.

"Turis kadang gak mau tahu ya alam yang didatangin, datang foto-foto tapi gak ada pengetahuan jaga alam," tulis netizen lainnya.

Sementara itu, pihak kepolisian dan Balai Taman Nasional Komodo meminta semua pihak bersabar karena masih penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi kebakaran di Gili Lawa. (flo/jpnn)

Padang rumput di Pulau Gili Lawa Taman Nasional Komodo terbakar seluas 10 hektar.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News