JPNN.com

Turki Makin Meresahkan, Yunani Borong Jet Tempur Prancis

Selasa, 08 September 2020 – 19:38 WIB
Turki Makin Meresahkan, Yunani Borong Jet Tempur Prancis - JPNN.com
Yunani meningkatkan belanja militer sebagai antisipasi terhadap manuver Turki di perairan Mediterania Timur. Foto: Reuters

jpnn.com, ATHENA - Yunani berencana meningkatkan kekuatan militer, termasuk dengan membeli senjata dan menggenjot industri pertahanan, seiring dengan makin meresahkannya tindak tanduk Turki di perairan Mediterania Timur.

Negara itu ingin menghabiskan sebagian dari cadangan uang tunai senilai miliaran euro untuk sektor pertahanannya.

"Kami sedang dalam pembicaraan dengan sekutu untuk meningkatkan angkatan bersenjata kami," juru bicara pemerintah Stelios Petsas mengatakan kepada wartawan, Senin (7/9).

Dia menambahkan bahwa Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis akan menguraikan rencananya selama pidato kebijakan ekonomi tahunan akhir pekan ini.

Seorang pejabat pemerintah Yunani mengatakan kepada Reuters minggu lalu bahwa Athena sedang dalam pembicaraan dengan Prancis dan negara-negara lain mengenai akuisisi jet tempur.

Yunani juga telah mencoba selama lebih dari satu dekade untuk mengonsolidasikan dan memprivatisasi perusahaan pertahanannya yang merugi.

Mitsotakis akan bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Corsica pada hari Kamis, sebelum KTT para pemimpin Eropa Selatan (MED7) di pulau Corsica, Prancis.

Petsas mengatakan kerja sama di bidang pertahanan antara kedua negara juga akan menjadi agenda.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil