Pembunuh Khashoggi Sudah Diadili, Turki Tetap Serang Arab Saudi

Pembunuh Khashoggi Sudah Diadili, Turki Tetap Serang Arab Saudi
Jamal Khashoggi bersama tunangannya Hatice Cengiz. Foto: Instagram

jpnn.com, ANKARA - Kantor Kepresidenan Turki menilai putusan pengadilan Arab Saudi dalam kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi jauh dari ekspektasi. Ankara pun mendesak otoritas Arab Saudi bekerja sama dalam penyelidikan Turki.

"Kami masih belum mengetahui apa yang terjadi dengan jasad Khashoggi, siapa yang menginginkan dia mati atau apakah ada kolaborator setempat yang meragukan kredibilitas proses hukum di KSA," tulis Fahrettin Altun di Twitter, Selasa (8/9).

Khashoggi dibunuh di konsulat Arab Saudi di Istanbul dua tahun lalu. Sejak saat itu, entah apa motifnya, Turki selalu jadi yang terdepan menuntut keadilan untuk Khashoggi 

Pengadilan Arab Saudi pada Senin memvonis tujuh sampai 20 tahun penjara kepada delapan orang dalam kasus pembunuhan Khashoggi.

Turki sebelumnya telah menggelar persidangannya sendiri terhadap para tersangka pada Juli.

Tingginya kepedulian pemerintah Turki terhadap kasus Khashoggi menimbulkan tanda tanya. Pasalnya, di bawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan, Turki sangat sering memenjarakan wartawan yang kritis.

Khashoggi adalah warga negara Arab Saudi yang tinggal di Amerika Serikat dan menulis untuk koran Washington Post mengenai kritik terhadap kerajaan Arab Saudi. (ant/dil/jpnn)

Kantor Kepresidenan Turki menilai putusan pengadilan Arab Saudi dalam kasus pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi jauh dari ekspektasi


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News